Bus Sekolah Denpasar Ajak Siswa Menabung Botol dan Gelas Plastik

Editor: Tri Hantoro

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-VIDEO.COM, DENPASAR - Akhir Januari 2019 merupakan target pelaksanaan penukaran tiket Bus Sekolah Kota Denpasar dengan menggunakan botol dan gelas minuman bekas.

Dihubungi Tribun Bali pada Rabu (9/1/2019), Kepala UPT Pelayanan Transportasi Darat Dishub Kota Denpasar, I Dewa Ktetut Adi Pradnyana menyebutkan, nantinya botol maupun gelas minuman bekas tersebut akan ditabungkan ke Bank Sampah dan dicatat sebagai penukaran tiket.

“Untuk sementara sistem IT sedang disusun dan saat ini pencatatan masih manual,” jelasnya.

Nantinya, apabila siswa menyetor 30 botol plastik bekas, maka siswa akan mendapatkan tiket Bus Sekolah Kota Denpasar selama 30 hari.

Dikatakannya, secara tidak langsung dengan sosialisasi dan penerapan langkah penukaran tiket dengan barang bekas ini, akan menumbuhkan semangat siswa dalam menjaga lingkungkan dan juga meminimalisir sampah plastick yang dibuang secara sembarangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sosialisasi tiket Bus Sekolah Kota Denpasar menggunakan botol dan gelas plastik bekas telah dilakukan sejak awal Januari 2019.

Dan sistem ini rencananya akan mulai dilaksanakan akhir Januari 2019.

Menurut I Dewa Ketut Adi Pradnyana, ada tiga opsi pelaksanaan pengumpulan botol dan gelas minuman bekas.

“Opsi pertama, apabila orangtuanya atau anggota keluarganya telah terdaftar di bank sampah tertentu, si anak tidak perlu lagi membawa botol plastik. Kedua, apabila anak sudah terdaftar di bank sampah sekolah, tidak perlu lagi membawa botol atau gelas minuman bekas. Dan kalau satu dan dua tidak dilakukan, maka dia wajib menyetorkan botol atau gelas minuman bekas,” ujarnya. (*)

 

ARTIKEL POPULER:

Baca: Seorang Pria Ditemukan Tak Bernyawa di Lobi Parkiran Kantor Walikota Jaksel

Baca: PKL di Skybridge Tanah Abang Masih Banyak yang Curi Kesempatan saat Tak Diawasi Petugas

Baca: Wanita asal Indonesia Menusuk dan Memukul Majikannya di Australia sebelum Mengambil Harta Benda

 

TONTON JUGA:

<iframe src="https://www.youtube.com/embed/lwfZbVpzrDQ" width="360" height="360" scrolling="no" frameborder="0"></iframe>

 

Sumber: Tribun Bali
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda