Terkini Nasional

Jokowi Puji MK yang Mampu Menyelesaikan Sengketa Pilpres 2019

Jumat, 16 Agustus 2019 11:57 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Dalam memberikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR 2019, Presiden Jokowi memuji kinerja Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah menyelesaikan sengketa Pilpres 2019 dan Pilkada 2018.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, MK telah menghadirkan proses peradilan yang terbuka dan berpegang teguh pada independensi.

"MK yang telah menyelesaikan sengketa perselisihan hasil Pilkada 2018, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Presiden 2019, dalam koridor konstitusi secara damai, adil, dan bermartabat," ungkap Jokowi, Jumat (16/8/2019) di Ruang Sidang Paripurna 1, Komplek Parlemen Senayan.

Sebagai penjaga konstitusi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan MK telah menguji 85 perkara dan memutus 52 perkara pengujian UU dalam kurun waktu satu tahun.

"Putusan-putusan MK tersebut turut mendukung upaya pemerintah dalam reformasi sistem perundang-undangan dan penataan proses legislasi," ungkapnya.

Jokowi menambahkan MK telah memberikan kontribusi pada penguatan demokrasi konstitusional.

Diketahui MK menolak seluruh gugatan sengketa Pilpres yang diajukan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Putusan MK ini menjadikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wapres terpilih 2019-2024 yang bakal dilantik Bulan Oktober nanti.

Sebut tamu yang hadir

Sebelum membacakan pidato, mantan gubernur DKI Jakarta itu mengawali menyebutkan nama para mantan kepala negara di Indonesia yang turut hadir di sidang tahunan tersebut.

Di kesempatan itu, hadir Presiden Republik Indonesia Kelima Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Republik Indonesia Keenam Jenderal TNI. Try Sutrisno, dan Wakil Presiden Republik Indonesia Kesembilan Hamzah Haz.

Lalu, Sinta Nuriyah Wahid, istri dari Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid, Sandiaga Uno, mantan calon wakil presiden nomor urut 02 di pemilihan presiden (Pilpres) 2019, dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin.

Jokowi menyebut Sandiaga sebagai sahabat. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi Puji MK yang Mampu Selesaikan Sengketa Pilpres

ARTIKEL POPULER:

Baca: Lirik Lagu dan Terjemahan Decision - ONE OK ROCK

Baca: Profil Bastian Steel - Aktor dan Penyanyi

Baca: Lirik Lagu C.h.a.o.s.m.y.t.h - ONE OK ROCK Lengkap dengan Terjemahannya

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Bintang Nur Rahman
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved