Tribunnews Wiki

Benteng Pendem Cilacap

Sabtu, 13 Juli 2019 09:54 WIB
TribunnewsWiki

TRIBUN-VIDEO.COM - Benteng Pendem Cilacap merupakan bangunan bersejarah peninggalan pemerintah kolonial Belanda.

Kustbatterij op de Landtong te Cilacap adalah nama lama dari Benteng Pendem Cilacap, yang maknanya dalam bahasa Indonesia adalah benteng yang terpendam. (1)

Benteng Pendem Cilacap mulai dibangun 1861 dan selesai pada 1879 di area seluas 6,5 hektar atau dibutuhkan waktu sekitar 18 tahun.

Benteng Pendem Cilacap pernah terbengkalai selama puluhan karena tertutup tanah pesisir pantai Teluk Penyu.

Pada 1986 oleh pemerintah Kabupaten Cilacap dilakukan penggalian dan pemugaran di area Benteng Pendem Cilacap dan dibuka untuk umum pada 1987. (2)

Sejak saat itu, Benteng Pendem Cilacap menjadi objek wisata sejarah.

Dahulu, Benteng Pendem Cilacap merupakan markas pertahanan tentara kolonial Belanda di Cilacap untuk menahan serangan musuh dari arah laut Selatan Pulau Jawa.

Pertahanan tentara kolonial Belanda di perkokoh dengan dukungan benteng-benteng yang lain di sekelilingnya seperti Benteng Cepiring, Benteng Klingker, dan Benteng Karang Bolong yang berada di Pulau Nusakambangan.

Pendirian Benteng Pendem Cilacap hampir bersamaan dengan munculnya aturan Tanam Paksa yang dicanangkan oleh gubernur pemerinah kolonial Belanda, Jenderal Johannes van den Bosch.

Pada saat itu Cilacap memang menjadi pelabuhan penting untuk mengangkut hasil perkebunan Tanam Paksa yang berasal dari Yogyakarta dan Purworejo.

Pada masa jayanya pelabuhan Cilacap pernah menjadi saingan pelabuhan Semarang karena Jawa Tengah selatan dan sebagian Jawa Barat selalu mengirimkan hasil buminya melalui Cilacap.

Dengan demikian kedudukan Benteng Pendem Cilacap bernilai strategis bagi Belanda dalam mengamankan ekspor hasil perkebunan yang telah menyumbangkan dana yang berlimpah bagi negeri Belanda.

Pelabuhan Cilacap menjadi sepi karena jalan darat di daerah pedalaman mulai dibangun baik jalan kereta api maupun untuk kendaraan bermotor lainnya.

Sehingga barang ekspor maupun impor dapat dikirim atau didistribusikan dari dan ke pedalaman Jawa Tengah melalui pelabuhan Semarang.

Namun pada 1942, kawasan Benteng Pendem Cilacap dan benteng-benteng disekelilingnya berhasil diambil alih kekuatan tentara Jepang setelah pergantian kekuasaan di Indonesia.

Selang beberapa tahun kemudian pada 1945, tentara Jepang meninggalkan Benteng Pendem Cilacap dan lain-lainnya setelah kota Nagasaki dan Hiroshima dibom oleh tentara Amerika Serikat.

Setelah itu Benteng Pendem Cilacap jatuh kembali ke tangan pemerintahan kolonial Belanda, tentara KNIL dan baru terlepas lagi pada 1950 setelah pengakuan kedaulatan Indonesia secara resmi oleh Kerajaan Belanda.

Kuasa Benteng Pendem Cilacap yang sempat mengalami vacuum of power, lalu akhirnya Benteng Pendem Cilacap menjadi tempat latihan pertempuran dan pendaratan laut oleh pasukan RPKAD (Resimen Para Komando Angkatan Darat) sejak 1952 hingga 1965. (3)

Bentuk Bangunan

Benteng Pendem merupakan bangunan terbuat dari batu bata plesteran dibangun melalui beberapa tahap.

Beberapa bagian dari benteng yang masih dapat dilihat meliputi: bangunan penjara, ruang senjata, terowongan, gudang dan dapur, bangunan akomodasi, barak prajurit/asrama, benteng pertahanan dan pengintai, dan parit.

Bangunan penjara menghadap ke utara dengan jendela-jendela berteralis, dinding tebal dan tinggi

Bentuk ruangan senjata tidak berbeda jauh dengan bangunan penjara, karena ruang senjata berada dalam satu komplek dengan penjara dan berlantai dua.

Salah satu barak di Benteng Pendem Cilacap.
Bangunan terowongan dengan 4 pintu masuk yang mengarah pada 4 penjuru arah angin.

Selain itu, banyak beredar kabar bahwa Benteng Pendem Cilacap memiliki konektivitas via lorong bawah laut dengan benteng-benteng dan goa yang berada di Pulau Nusakambangan.

Lorong bawah laut tersebut tertutup tanah dan tergenang air laut karena dinding-dindingnya banyak yang bocor. (4)

Kondisi dan Pemugaran

Pada umumnya bangunan Benteng Pendem Cilacap mengalami kerusakan karena faktor alam.

Posisi yang berada di dekat pantai dan letaknya yang di bawah permukaan tanah berakibat Benteng Pendem Cilacap mudah kemasukan air pasang dari laut maupun air hujan.

Setelah tidak digunakan oleh RPKAD Benteng Pendem dimanfaatkan oleh Pemerintah Cilacap sebagai obyek wisata sejak tahun 1986.

Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Tengah telah memugar beberapa tempat yang rusak berat pada 2002 dan 2005.

Area Benteng Pendem Cilacap 40 persen belum sepenuhnya digalikarena keterbatasan dana dari Pemerintah Cilacap untuk melakukabn observasi.

Benteng Pendem Cilacap menyimpan kisah misteri tersendiri.

Dahulu tempat ini menjadi tempat dicambuknya para pekerja di dalam terowongan oleh orang-orang Belanda, demi mencegah bocornya rahasia dan seluk beluk pertahanan Benteng Pendem Cilacap ini. (5)

Lokasi, Retribusi dan Fasilitas

Benteng Pendem Cilacap terletak di wilayah Dusun Kebonjati, Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap.

Alamatnya di Jalan Benteng, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Jam buka Benteng Pendem Cilacap yakni dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. (6)

Harga tiket masuk ke area Benteng Pendem Cilacap adalah Rp. 4.000

Benteng Pendem Cilacap ini terletak berhadapan dengan pulau Nusakambangan.

Benteng Pendem Cilacap berjarak hanya 3,7 kilometer dari Stasiun Cilacap dan dapat ditempuh dalam waktu 11 menit.

Fasilitas:

Area Parkir kendaraan
Mushola
Toilet
Penginapan

(TribunnewsWiki.com/Haris Chaebar)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Lirik Lagu Cinta Luar Biasa dan Chord Lagu Cinta Luar Biasa Andmesh

Baca: Lirik Lagu dan Chord On My Way (Karaoke Version)

Baca: Lirik Lagu Di Sayidan dan Chord Lagu Di Sayidan Shaggy Dog

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Fikri Febriyanto
Sumber: TribunnewsWiki
Tags
   #Benteng Pendem   #Cilacap
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved