Viral Video

Gadis Bugis Curhat untuk Presiden Terpilih dari Atas Motor: Tolong Turunkan Panaik, Pak

Senin, 22 April 2019 10:44 WIB
TribunWow.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Sebuah video menunjukkan seorang gadis yang tengah mengendarai motor menjadi viral melalui media sosial Instagram.

Bukan karena gadis tersebut melanggar lalu lintas, namun curhatan gadis yang diketahui berasal dari Suku Bugis tersebut cukup menyita perhatian.

Melalui video yang diunggah oleh akun Instagram @makassar_iinfo, Senin (22/4/2019), terlihat seorang gadis yang mengenakan jilbab berwarna abu-abu serta menggunakan kemeja bergaris vertikal berwarna abu-abu putih sedang menggunakan helm.

Latar belakang video tersebut pun terlihat terus bergerak, diduga gadis tersebut tengah berada di tengah perjalanan dengan mengendarai sepeda motor bersama seorang rekannya yang berada di boncengannya.

Gadis tersebut juga sempat mengarahkan kamera yang dibawanya ke bagian belakang hingga menunjukkan rekan yang diboncengnya.

Dalam video tersebut, gadis yang belum diketahui identitasnya tersebut menyampaikan harapannya kepada siapapun calon presiden dan wakil presiden yang nantinya terpilih dalam ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 ini.

"Siapapun yang jadi Presiden nanti, tolong turunkan harga uang panaik pak," sebut gadis itu.

Mendengar gadis itu mulai berbicara, rekannya yang berada di boncengan mulai tertawa.

"Soalnya enggak ada yang mau pergi melamar, gara-gara tinggi uang panaik kita. Minta tolong sekali," lanjutnya terlihat miris.

Diketahui, uang panaik merupakan sebuah tradisi yang harus diikuti oleh pasangan kekasih Suku Bugis jika hendak melangsungkan pernikahan.

Uang panaik ditentukan oleh status sosial seorang wanita yang hendak dilamar.

Tradisi ini dirasa cukup memberatkan lantaran kini uang panaik di tradisi Bugis Makassar bisa mencapai miliaran rupiah.

Seperti misalnya uang panaik pada seorang gadis lulusan SMA di Kabupaten Takalar yang mencapai Rp100 juta beserta satu set perhiasan emas, 10 karung beras dan dua ekor kerbau.

Banyak kasus rencana pernikahan yang kandas lantaran keluarga lelaki tak mampu memenuhi permintaan uang panaik dari keluarga calon mempelai wanita.

Sementara itu, menurut budayawan asal Sulawesi Selatan, Prof Dr Nurhayati Rahman, uang panaik yang nilainya besar dianggap sebagai ujian bagi seorang laki-laki.

Pihak keluarga calon mempelai wanita ingin melihat keseriusan dari pihak laki-laki untuk melamar kekasih hatinya.

"Di situlah nilai luhurnya uang panaik, dilihat dari keseriusan seorang laki-laki mencari uang. Jangan hanya menikah saja, tapi dia tidak mau bekerja keras."

"Jadi ada nilai positif dan negatif yang bisa diambil dari hal ini," sebut Nurhayati, seperti dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Senin (22/4/2019).

Berdasarkan keterangan Nurhayati, jika status sosial seorang wanita itu bagus, maka uang panaiknya tentu bagus pula bahkan akan mencapai angka yang fantastis.

"Jadi orang tua biasanya memasang nilai uang panaik, karena untuk melihat masa depan anaknya. Jadi beda-beda itu besarannya, disesuaikan dengan statusnya wanita lulusan apa, kerjaannya apa, apakah dia PNS atau dokter."

"Tambah mahal lagi, kalau itu si wanita sudah naik haji dan mempunyai rumah serta harta. Jadi pemikirannya itu orangtua, enak saja ini laki-laki menikah tidak ada apa-apanya langsung saja dapat pendamping hidup lengkap masa depan, rumah dan segalanya."

"Itu yang biasa menjadi patokan. Jadi tentu mahal dong panaiknya kalau wanita yang dilamar itu sudah sukses dari segi ekonominya," jelasnya.

Postingan yang diunggah @makassar_iinfo dan telah mendapatkan lebih dari 33 ribu likes itu kemudian ramai mendapatkan komentar dari para warganet.

Seperti pengguna akun Instagram @wahyudiramadhan_23 yang berkomentar "Terwakili sudah permintaan para jomblo."

Serta pengguna akun @ramadhann_ar yang meninggalkan komentar

"Bukan presiden yg tentukan uang panaimu maemunah, tpi org tuamu ksih tau."

(TribunWow.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Viral Curhatan Gadis Bugis untuk Presiden Terpilih dari Atas Motor: Siapapun yang Jadi, Tolong

ARTIKEL POPULER:

Baca: Balas Dendam pada Mantan Istri, Ayah Injak Wajah Anak Bayinya dan Kurung di Kandang Anjing

Baca: Klaim Sudah Sembuh, Sandiaga: Besok Temui Tokoh Masyarakat dan Relawan

Baca: Ketika Erick Thohir Goyang Jempol di Depan Ratusan Relawan Milenial Jokowi-Amin

TONTON JUGA:

Editor: Fatikha Rizky Asteria N
Video Production: Octavia Monica Putri
Sumber: TribunWow.com
Tags
   #uang panaik   #Viral Video
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved