Mancanegara

Jumlah Korban Insiden Penembakan di Selandia Baru Bertambah Jadi 50 Orang

Minggu, 17 Maret 2019 12:09 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Jumlah korban tewas akibat serangan teror di masjid Kota Christchurch, Selandia Baru bertambah menjadi 50 orang.

Jenazah korban ke-50 ditemukan di Masjid al Noor, Christchurch, Selandia Baru ketika para pejabat memindahkan mayat para korban pada hari Sabtu, (16/3/2019).

Komisaris Polisi Selandia Baru, Mike Bush mengatakan kepada wartawan, Minggu (17/3/2019), daftar nama para korban saat ini sudah diberikan kepada keluarga.

Dikutip dari CNN.com, Mike Bush mengatakan, jenazah para korban saat ini masih belum bisa di bawa pulang untuk dimakamkan.

Bush mengatakan, saat ini korban luka-luka akibat serangan teror di masjid Kota Christchurch, Selandia Baru juga meningkat menjadi 50 orang.

Dua hari setelah melakukan aksi teror, Brenton Tarrant tampaknya menjadi satu-satunya orang dalam tahanan yang terkait dengan serangan itu.

Mike Bush mengatakan, tiga orang lain yang awalnya ikut ditahan, tidak terlibat dalam serangan teror tersebut.

Akan tetapi, kata Bush, pihaknya tidak mengesampingkan akan adanya kemungkinan tersangka lainnya.

"Saya tidak akan mengatakan sesuatu yang konklusif sampai kami benar-benar yakin mengenai berapa banyak orang yang terlibat, tetapi kami berharap dapat memberikan saran itu selama beberapa hari ke depan," ungkap Bush.

Sebelum melakukan serangan teror secara brutal di dua masjid Kota Christchurch, Selandia Baru, Brenton Tarrant telah mengirimkan manifesto setebal 87 halaman ke Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern.

Hal tersebut dilakukan Brenton Tarrant sesaat sebelum melakukan aksi kejinya di Kota Christchurch, Selandia Baru.

Sekretaris pers Jacinda Ardern, Andrew Campbell, mengatakan kepada CNN bahwa email itu dikirim ke akun email generik yang dikelola oleh staf dan tidak dilihat oleh Perdana Menteri.

Dokumen itu, yang juga diposting di media sosial sebelum penembakan itu, dipenuhi dengan skrip anti-imigran, anti-Muslim.

Pihak berwenang telah menolak untuk membahas motif potensial serangan itu.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Christchurch, Greg Robertson mengatakan, saat ini ada 34 orang tetap dirawat di Rumah Sakit Christchurch dan 12 lainnya dalam kondisi kritis

Greg Robertson juga mencatat bahwa ada seorang gadis berusia 4 tahun yang dipindahkan ke Rumah Sakit Starship di Auckland masih dalam kondisi kritis. (Tribunnews / Whiesa Daniswara)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Korban Tewas Akibat Serangan Teror Masjid Kota Christchurch Selandia Baru Bertambah Menjadi 50 Orang

ARTIKEL POPULER:

Kisah Haru Ayah dan Anak WNI Selamat dari Teror Masjid Selandia Baru, Satu WNI Lain Meninggal

Fokus Jadi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Belum Pikirkan Menjadi Ketua Umum PPP Gantikan Romahurmuziy

Korban Musibah Banjir di Sentani Terus Bertambah, Tercatat 42 Orang Meninggal

TONTON JUGA:

Editor: Fatikha Rizky Asteria N
Reporter: Whiesa Daniswara
Video Production: Purwariyantoro
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved