HUT ke-77 RI

Melihat Kondisi Terkini Rumah Rengasdengklok, Jadi Tempat Bersejarah Berusia Lebih dari 100 Tahun

Kamis, 11 Agustus 2022 12:43 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Nama Rengasdengklok terngiang melalui buku-buku sejarah saat sekolah, sebagai tempat di mana pendiri bangsa ini, Soekarno dan Hatta 'diculik' oleh Kelompok Menteng 31 tepat sehari sebelum negara ini merdeka 75 tahun silam.

Butuh waktu setidaknya 2 jam dari Jakarta untuk sampai di Rengasdengklok, Jawa Barat, tempat penculikan Bung Karno dan Bung Hatta.

Tepatnya di rumah seorang petani keturunan Tionghoa Djiaw Kie Siong. Untuk menuju ke sana kita harus melewati jalan panjang dengan pemandangan sawah di kedua sisi jalan dan gang-gang sempit sebelum sampai tujuan.

Dulu tak banyak orang tahu di mana Rengasdengklok. Kini, kita bisa mencarinya dengan mudah mengikuti aplikasi penunjuk jalan.

Baca: Hasil Jepretan Alex & Frans Mendur, Sang Fotografer yang Mengabadikan Detik-detik Momen Proklamasi

Rumah Djiaw berwarna hijau. Di dekat rumah terlihat berbagai gambar tokoh yang terlibat Peristiwa Rengasdengklok seperti Sukarno, Hatta, Wikana, Chaerul Saleh, dan Achmad Soebarjo.

Di dalam rumah terpajang sejumlah foto dan perabotan yang pernah digunakan Sukarno dan Hatta seperti tempat tidur, meja, dan kursi.

Dulu Rumah Djiaw Kie Siong berada tepat di sisi tanggul Sungai Citarum. Lokasinya yang tersembunyi, menjadi alasan dijadikannya rumah ini, tempat 'penculikan' Bung Karno dan Bung Hatta.

Baca: Sejarah Tugu Proklamasi, Bekas Kediaman Soekarno, Saksi Bisu Pendeklarasian Kemerdekaan Indonesia

Yanto bercerita bangunan rumah Djiaw Kie Siong sudah bergeser dari posisi aslinya. Banjir jadi penyebabnya, lantaran waduk Jatiluhur belum selesai dibangun.

Posisi rumah asli saat ini sudah terendam air. Namun, pada 1957 menurut cerita Yanto, bangunan rumah dipindahkan sekira 20 meter dari tempat asal.

Rumah Djiaw Kie Siong dibangun sejak 1920. Menurut Yanto, tahun ini umur bangunan rumah tepat berusia 1 abad.

Berdasarkan cerita yang didapat dari Djiaw, ucap Yanto, Soekarno dan Hatto ke rumah -- tempat keduanya diculik di Rengasdengklok -- pada 15 Agustus sore.

Yanto mengatakan Bung Karno menginap di kamar yang berada di kanan dari ruangan utama. Berukuran sekira 4x4 meter. Sementara Bung Hatta menempati kamar yang berada di kiri dari ruangan.

Sementara ruang tengah digunakan untuk menyusun perumusan kemerdekaan, tepatnya di atas meja segi empat. Namun, barang-barang yang asli, berada di Museun Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.

Kini, Yanto meneruskan amanah dari Djiaw Kie Siong untuk 'menjaga' rumah bersejarah berusia 100 tahun di Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Liputan Khusus Rumah Rengasdengklok (1): Tempat Bersejarah Berusia 100 Tahun


# HUT ke-77 RI # Ir Soekarno # Kemerdekaan Indonesia # proklamasi # Rengasdengklok

Editor: Aditya Wisnu Wardana
Video Production: Ardrianto SatrioUtomo
Sumber: Tribunnews.com

KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved