Tribunnews WIKI

Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, Universitas di Jerman

Jumat, 13 September 2019 14:26 WIB
TribunnewsWiki

TRIBUN-VIDEO.COM - Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen merupakan universitas yang mengembangkan teknologi ke depan dalam riset maupun aplikasi untuk dunia industri di Jerman.

Universitas yang dikenal dengan nama RWTH Aachen ini berada di kawasan Bundesland NRW.

Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen didirikan pada tahun 1870 dengan nama Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (Sekolah Teknik Rhein-Westfalen).

Pada tahun 1880 statusnya berubah menjadi universitas teknik, dan namanya disingkat menjadi RWTH.

Saat ini terdapat sekitar 27.000 mahasiswa prasarjana dan 3.000 mahasiswa pascasarjana yang menempuh pendidikan di Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen.

Mantan wakil presiden dan presiden Indonesia, BJ Habibie adalah lulusan universitas ini.

Selayang Pandang

Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen adalah universitas terbesar teknologi di Jerman dan faktor ekonomi yang paling penting dari kota.

Setiap tahun, sejumlah besar mahasiswa dan ilmuwan internasional datang ke universitas untuk mendapatkan keuntungan dari program-program berkualitas tinggi studi dan fasilitas yang sangat baik, dari yang bothare diakui secara internasional.

Kedekatan Aachen ke Belanda, Belgia dan Luksemburg dan ragam warisan budaya telah menempatkan Universitas di posisi yang unik untuk kerjasama internasional dengan lembaga pendidikan dan penelitian lainnya serta dengan bisnis dan industri.

Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen memiliki sejarah panjang kerja sama yang erat dan luas dengan industri nasional dan internasional dan pusat penelitian dan memberikan kontribusi secara efektif bagi keberhasilan dan perkembangan ekonomi Jerman dengan ekstensi meningkatnya peran ini berkaitan dengan Uni Eropa.

RWTH Aachen International Academy adalah anak perusahaan non-profit dari Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen.

Dalam kerja sama yang erat dengan Fakultas Teknik Mesin Akademi menawarkan program Guru, khususnya yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa internasional.

Tanggung jawab Akademi enfolds aspek organisasi, administrasi dan ekonomi, dimana kepemimpinan ilmiah terletak dengan Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, yang penghargaan gelar akademis “Master of Science”.

Mitra RWTH Aachen University dan RWTH International Academy untuk sertifikasi sistem manajemen mutu dalam akreditasi sistem adalah ‘ASIIN eV’ badan akreditasi ini untuk program gelar menetapkan standar untuk program di bidang teknik, ilmu komputer, ilmu alam, matematika, dan mengajar kualifikasi.

Semua program Master ditawarkan dalam kerjasama dengan fakultas teknik mesin dari Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen dan RWTH International Academy telah terakreditasi oleh ASIIN.

Akreditasi perlu diperbarui secara teratur kerangka waktu untuk memastikan tingkat kontinyu kualitas ensurance dan perbaikan.

Mahasiswa yang mengambil bagian dalam program Master di RWTH International Academy menerima gelar Master resmi dari Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen.

Tentu mereka juga secara resmi diakui anggota Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen selama waktu studi mereka dan berhak untuk mendapatkan keuntungan dari semua keuntungan dan persembahan mahasiswa di lingkungan universitas.

Yakni untuk mencari dan melakukan penelitian di perpustakaan, untuk menggunakan WLAN dan perangkat lunak menawarkan, untuk memanfaatkan berbagai olahraga dan waktu luang fasilitas.

Juga bertanya tentang peluang diskon mahasiswa untuk pergi ke bioskop, museum dan bioskop atau untuk telepon tertentu dan mobile penyedia komunikasi.

Sebanyak 500 direktur dan CEO perusahaan besar Jerman pernah mendaulat RWTH Aachen sebagai tempat terbaik buat menggeluti bidang teknik, elektro, mekanik dan ilmu alam lainnya.

Universitas yang berdiri sejak 1870 ini juga termasuk lima besar dalam daftar universitas dengan anggaran penelitian terbesar di Jerman.

Tidak heran jika lebih dari 40.000 mahasiswa mendaftarkan diri di universitas ini.

Saat ini sekitar 7000 mahasiswa asing dari 108 negara menempuh studi di RWTH Aachen.

Cina menempati urutan teratas dengan lebih dari 1000 mahasiswa, disusul oleh India, Turki dan Iran.

Seperti yang bisa diduga, Fakultas Matematika, Informatika & Ilmu Alam dan Fakultas Teknik Mesin yang juga membawahi jurusan Teknik Penerbangan menjadi primadona calon mahasiswa.

Perpustakaan milik RWTH Aachen tidak cuma mengoleksi jutaan buku dan karya ilmiah, tetapi juga menjadi pusat databank hak paten di bidang teknik yang terbesar di Jerman.

Khususnya buat mahasiswa asing, Aachen menawarkan 4800 kamar di asrama mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru kota

Kota Aachen yang cuma berpenduk sekitar 250.000 jiwa dan sedikit lebih kecil ketimbang kota Bandung ini sering disebut kota yang ideal buat mahasiswa.

Selain biaya hidup yang relatif murah, Aachen juga menawarkan keragaman kultur lantaran menampung sekitar 40.000 warga asing dari berbagai negara.

Salah satu keunggulan unik yang dimiliki RWTH Aachen adalah kedekatannya dengan industri di Jerman.

Selain proyek penelitian bersama, RWTH juga rajin mengundang perwakilan industri buat mengajar.

Sederet perusahaan multinasional pernah mengirimkan petingginya ke Aachen, antara lain raksasa otomotif Jerman Volkswagen dan Porsche, atau produsen alat elektronik Bosch.

Fakultas

  • F 1 – Faculty of Mathematics, Computer Science and Natural Sciences
  • F 2 – Faculty of Architecture
  • F 3 – Faculty of Civil Engineering
  • F 4 – Faculty of Mechanical Engineering
  • F 5 – Faculty of Georesources and Materials Engineering
  • F 6 – Faculty of Electrical Engineering and Information Technology
  • F 7 – Faculty of Arts and Humanities
  • F 8 – School of Business and Economics
  • F 10 – Faculty of Medicine

Kisah Habibie

Reputasi mentereng Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen berasal dari hasil penelitiannya.

Sebanyak enam ilmuwan yang pernah mengajar atau belajar di universitas ini mengantongi penghargaan nobel.

Salah satunya adalah Karl Ziegler, sosok yang penemuannya memungkinkan manusia memproduksi bahan plastik dalam jumlah besar dan terjangkau.

Kini sekitar 500 professor mengajar di Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen.

Presiden ketiga Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie pernah menimba ilmu teknik penerbangan di Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen.

Saat itu ia termasuk ke dalam ratusan mahasiswa berbakat Indonesia yang diberangkatkan pemerintah ke luar negeri.

Habibie yang sejak beberapa tahun lalu masuk dalam daftar Hall of Fame Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen ini belajar di Jerman hingga mendapat gelar doktor dengan nilai Summa Cum Laude. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunnewsWiki dengan judul: Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen

ARTIKEL POPULER:

Baca: Universitas Khairun (Unkhair), Universitas yang Didirikan pada 15 Agustus 1964

Baca: Profil Universitas Muhammadiyah Semarang - Unimus

Baca: Universitas Semarang - Jembatan Menuju Masa Depan

TONTON JUGA:

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Panji Yudantama
Sumber: TribunnewsWiki
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved