Kuliner

7 Kuliner Ekstrem di Jepang, dari Natto hingga Daging Ikan Paus

Jumat, 30 Agustus 2019 08:27 WIB
TribunTravel.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kuliner ekstrem di Jepang ada beragam jenisnya.

Bila punya nyali kamu bisa mencoba mencicipi kuliner ekstrem di Jepang ini.

Di Jepang ada beberapa kuliner ekstrem yang sering disantap oleh orang Jepang itu sendiri mulai dari natto, sashimi ayam mentah hingga daging ikan paus.

Dilansir dari berbagai sumber, simak beragam kuliner ekstrem di Jepang yang menarik perhatian turis ketika liburan ke Jepang.

1. Natto

Natto adalah satu hidangan Jepang yang sangat terkenal dan juga disukai oleh masyarakat Jepang yang tergolong ekstrem.

Hal ini karena natto adalah kuliner yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan tekstur yang sangat lengket, bau menyengat dan rasanya yang pahit.

Sehingga natto menjadi satu kuliner yang tidak disukai oleh kebanyakan non-Jepang.

Meskipun begitu, natto adalah sajian yang sangat sehat sehingga disukai oleh orang Jepang yang biasanya disantap dengan menggunakan nasi, sushi hingga ramen.

2. Shirako

Shirako dianggap sebagai makanan lezat di Jepang dan bisa kamu temukan di restoran dan supermarket dengan harga yang sangat mahal.

Pertama melihatnya mungkin, bentuk shirako tampak sedikit aneh dan tidak akan menggugah nafsu makanmu.

Tidak hanya itu, ketika mengetahui apa itu shirako sebenarnya, kamu mungkin akan kehilangan nafsu makanmu sama sekali.

Hal ini karena shirako adalah kantung sperma ikan yang berwarna putih dengan tekstur yang sangat lembut seperti puding susu.

Orang Jepang biasanya mengolah shirako dengan berbagai cara, ada yang langsung memakannya mentah-mentah, dikukus, atau dijadikan topping pada hidangan lainnya.

3. Sashimi Ayam Mentah

Olahan daging ayam tentu sudah sangat familiar untuk kita, namun apakah kamu pernah mencoba daging ayam mentah-mentah tanpa diolah sama sekali?

Di Jepang, kamu bisa menemukan dengan mudah sashimi daging ayam mentah yang disajikan dengan lemon dan tekstur seperti pada sashimi ikan.

Di Jepang, untuk menghindari bahaya salomenalla, sashimi daging ayam mentah ini disajikan dengan diiris tipis-tipis dari dada bagian dalam ayam tersebut.

Tidak hanya itu, daging ayam ini berasal dari peternakan kecil yang memastikan ayamnya adalah ayam segar dengan kualitas yang tinggi.

Sehingga bila kamu ingin mencoba hidangan ini, kamu harus ekstra hati-hati.

4. Sashimi Katak

Lebih ekstrem dari sashimi daging ayam mentah, liburan ke Jepang kamu juga bisa menemukan Frog Sashimi atau sashimi katak.

Ketika melihat sajian itu, kamu akan merasakan merinding dan bisa jadi kamu akan kehilangan nafsu makanmu, namun ternyata sashimi katak ini cukup digemari oleh orang Jepang.

Sashimi katak ini terdiri potongan-potongan daging katak yang masih mentah disajikan lengkap dengan kepala dan kaki katak yang masih utuh.

Selain itu, kadang kamu masih bisa melihat potongan daging katak ini bergerak-gerak.
Berani mencoba?

5. Shiokara

Shiokara adalah makanan khas yang bisa kamu temukan di Jepang yang berupa hasil fermentasi hewan laut di dalam larutan garam yang pekat.

Adonan fermentasi shiokara ini mengandung 10% garam, 30% kecambah beras yang dibungkus dalam kemasan kedap udara, lalu difermentasikan selama lebih kurang satu bulan.

Dikatakan sebagai kuliner ekstrem karena shiokara memiliki rasa dan bau yang sangat tajam dan khas yang bisa membuat perutmu menjadi mual.

6. Shirouo no Odorigui

Kuliner estrem lainnya di Jepang adalah Shirouo no Odorigui.

Shirouo no Odorigui adalah hidangan yang terbuat dari ikan shirouo yang memiliki bentuk tubuh sangat kecil yang transparan.

Dibilang ekstrem karena Shirouo no Odorigui ini dimakan hidup-hidup, ada yang mengunyahnya terlebih dahulu ada juga yang menelan langsung hidup-hidup.

Konon katanya, ketika memakan makanan ini, ikan Shirouo seolah menari-nari (odorigui) di dalam mulut kita loh.

7. Kujira

Kujira adalah daging ikan paus yang bisa kamu temukan di Jepang.

Meskipun pemburuan ikan paus dinyatakan illegal di banyak negara, namun di Jepang menangkap ikan paus diperbolehkan sehingga kamu bisa menemukan daging ikan paus.

Daging ikan paus yang sebenarnya adalah mamalia ini memiliki rasa yang mirip dengan hewan darat daripada ikan sendiri.

Selain itu, mengkonsumsi daging ikan paus dipercaya dapat membantu melawan demensia. (TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul 7 Kuliner Ekstrem di Jepang, dari Natto hingga Daging Ikan Paus

ARTIKEL POPULER:

Baca: KEBUT | Wisata Buku Pasar Kenari yang Viral di Twitter, Surganya Traveler Pecinta Buku Murah

Baca: 7 Menu Sarapan Enak di Jakarta yang Harus Traveler Coba

Baca: 8 Hutan di Jawa Timur, Wisata Alam yang Instagramable

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: TribunTravel.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved