Travel

Daftar 5 Gunung di Jawa yang Saat Ini Ditutup untuk Umum

Senin, 12 Agustus 2019 20:47 WIB
TribunTravel.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Daftar lima gunung di Jawa yang jalur pendakiannya ditutup untuk sementara pada bulan Agustus 2019.

Penutupan jalur pendakian di empat gunung ini karena beragam faktor, seperti kebakaran, akitivitas vulkanik yang cukup tinggi hingga antisipasi puncak musim kemarau.

Simak daftar lima gunung yang terletak di Pulau Jawa yang jalur pendakiannya ditutup untuk umum sementara waktu pada bulan Agustus 2019.

1. Gunung Arjuno

Empat jalur pendakian Gunung Arjuno ditutup sementara akibat kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Gunung Arjuno pada bulan Juli yang lalu.

Dilansir oleh TribunTravel dari Kompas, Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, Dedi Hadiana belum dipastikan kapan jalur pendakian Gunung Arjuno akan dibuka untuk umum.

Semua jalur pendakian Gunung Arjuno ini ditutup karena kawasan Gunung Arjuno ini rentan terhadap kebakaran.

Terdapat empat jalur pendakian di Gunung Arjuno yang ditutup sementara pada bulan Agustus 2019.

Empat jalur pendakian tersebut meliputi jalur pendakian dari Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu; Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang; Purwosari; dan jalur pendakian dari Prigen, Kabupaten Pasuruan.

2. Gunung Gede Pangrango

Selain Gunung Arjuno, semua jalur pendakian Gunung Gede Pangrango juga akan ditutup untuk umum mulai 12 Agustus mendatang.

Mengutip dari Tribun Jabar, penutupan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango oleh BBTNGGP lewat surat edaran dengan nomor SE.806/BBTNGGP/BIDTEK/Tek.P2/6/2019.

Diketahui bahwa penutupan Gunung Gede Pangrango ini hanya sementara waktu saja, dimulai pada 12 Agustus dan berlangsung selama 10 hari hingga 21 Agustus 2019.

Sehingga pada 22 Agustus mendatang, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango sudah dibuka kembali.

Alasan penutupan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ini dikarenakan datangnya puncak musim kemarau di bulan Agustus.

Sehingga penutupan perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan, cuaca ekstrem, dan lain-lain.

Setelah dikeluarkan edaran tersebut, Gunung Gede Pangrango yang terletak di antara Cianjur, Bogor, dan Sukabumi tidak bisa dijadikan tujuan para pendaki yang ingin merayakan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2019.

3. Gunung Ciremai

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Kabupaten Kuningan Jawa Barat melakukan penutupan seluruh jalur pendakian ke Gunung Ciremai.

Penutupan dilakukan dilakukan karena terjadinya kebakaran di Blok Walet Kawasan Puncak Gunung Ciremai pada hari Rabu (7/8/2019) yang lalu.

Penutupan berlaku di semua jalur pendakian Gunung Ciremai yakni Jalur Apuy di Kabupaten Majalengka, Jalur Palutungan, Jalur Linggarjati, dan Jalur Linggasana di Kabupaten Kuningan.

Penutupan dilakukan karena sangat membahayakan para pendaki.

4. Gunung Slamet

Jalur pendakian Gunung Slamet ditutup untuk umum menyusul naiknya status Gunung Slamet dari level normal menjadi level waspada.

Dilansir oleh TribunTravel dari Kompas, penutupan ini dilakukan karena terjadi aktivitas vulkanik yang cukup tinggi pada Gunung Slamet sejak bulan Juli 2019 hingga saat ini.

Selama Juni hingga 8 Agustus 2019 tercatat 51.511 kali gempa hembusan, 5 kali gempa tektonik lokal dan 17 kali gempa tektonik jauh

Naiknya status Gunung Slamet menjadi waspada, PVMBG menghimbau kepada warga ataupun wisatawan untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah puncak Gunung Slamet.

5. Gunung Sumbing

Sama seperti Gunung Ciremai di Jawa Barat, semua jalur pendakian Gunung Sumbing di Jawa Tengah juga ditutup menyusul terjadinya kebakaran.

Penutupan semua jalur pendakian Gunung Sumbing ini mulai terhitung mulai Minggu (11/8) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan semua jalur pendakian Gunung Sumbing sebagai upaya pemadaman dan pencegahan terjadinya kebakaran ke wilayah jalur pendakian lainnya.

Melansir dari akun Instagram @symphony_sumbing penutupan jalur semua jalur pendakian Gunung Sumbing ini bersifat sementara dan dalam waktu yang singkat.

Bila situasi sudah mulai kondusif, kemungkinan pada 17 Agustus jalur pendakian Gunung Sumbing sudah kembali dibuka untuk umum.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Daftar 5 Gunung di Jawa yang Saat Ini Ditutup untuk Umum

ARTIKEL POPULER:

Baca: Gunung Sumbing Terbakar, Tim Gabungan Menyisir Kawasan, Pastikan Api Padam

Baca: Pura Gunung Kawi, Sebuah Bagian Kompleks Arkeologi yang Monumental di Bali

Baca: Gunung Slamet Waspada, 3 Jalur Pendakian Ditutup

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: TribunTravel.com
Tags
   #Travel   #pendaki gunung
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved