Travel

7 Kuliner Legendaris di Jakarta yang Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun

Kamis, 8 Agustus 2019 16:06 WIB
TribunTravel.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Beragam kuliner legendaris yang bisa kamu temukan di Jakarta yang berusia sudah puluhan tahun.

Ragam kuliner yang sudah ada sejak puluhan tahun ini tetap bertahan karena menawarkan cita rasa yang menggugah selera para pelanggannya.

Beberapa kuliner legendaris di Jakarta ini mulai dari Mi Ayam Gondangdia yang sudah ada sejak tahun 1968, hingga Bakmi Gang Kelinci sejak 1957.

Simak rekomendasi tujuh kuliner legendaris yang bisa kamu temukan di Jakarta.

1. Mi Ayam Gondangdia

Mi Ayam Gondangdia disebut bakmi legendaris di Jakarta karena pertama kali berdiri pada tahun 1968 dan masih bertahan hingga sekarang.

Kualitas rasa yang ditawarkan di sini tentu tidak akan mengecewakan bahkan banyak pelanggan yang rela mengantri untuk menyantap beragam menu yang ditawarkan.

Di sini kamu beberapa menu yang ditawarkan antara lain fuyunghai, ayam kuluyuk, bihun goreng dan mie pangsit.

Sedangkan menu favorit yang disukai oleh pengunjung yang datang adalah mi ayam dengan bakso dan pangsitnya ditambah topping ayam dan jamur yang kemudian disiram dengan kuah kaldu ayam.

Mi Ayam Gondangdia terletak di Jalan RP. Soeroso No.36 9 5, RT.9/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Satu porsi menu mi nya dibanderol dengan harga mulai Rp28 ribu.

2. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih juga bisa disebut kuliner legendaris karena sudah ada sejak tahun 1958 hingga sekarangpun masih bertahan.

Sajian nasi goreng disini menjadi kesukaan karena pemilihan bumbu dan rempahnya seperti kapulaga, kunyit, lada, sereh yang cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Selain itu, daging kambing di sini dimasak dengan teknik khusus sehingga tidak berbau. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih terletak di Jalan Kebon Sirih, RT.3/RW.2, Raya, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Satu porsi nasi gorengnya dibanderol dengan harga mulai Rp30 ribu.

3. Kwetiau Sapi Mangga Besar 78

Kwetiau Sapi Mangga Besar 78 sudah ada sejak tahun 1978 silam.

Di sini kamu bisa menikmati beragam kuliner Chinese Food, namun yang paling favorit adalah sajian kwetiau siramnya.

Satu porsi kwetiaunya berisi kwetiau yang lembut dengan bumbu bawang putih disiram dengan kaldu sapi yang gurih ditambah dengan babat sapi, urat sapi dan daging sapi yang kenyal.

Kwetiau Sapi Mangga Besar 78 terletak di Jalan Mangga Besar Raya No.78D, Taman Sari, RT.13/RW.1, Taman Sari, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Satu porsi kwetiau sapi di sini dibanderol dengan harga mulai Rp24 ribu.

4. RM Sepakat

RM Sepakat menyajikan kuliner khas Minang yang sudah ada di Jakarta sejak tahun 1969.

Tempat makan ini cocok buat kamu yang suka dengan masakan Padang yang terkenal dengan citarasa gurih, pedas dan bersantan yang tentu saja nikmat.

Kamu bisa mencoba gulai gajebo yang menyajikan gulai dengan isisan daging sapi yang diambil pada bagian punuknya dan dimasak dengan asam padeh.

RM Sepakat terletak di Melawai 9 No.165, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Satu porsinya dibanderol dengan harga mulai Rp23 ribu.

5. Laksa Betawi Asirot, Kebun Jeruk

Laksa Betawi Asirot adalah kuliner lokal khas Jakarta legendaris yang sudah ada sejak tahun 1978 dan tetap bertahan hingga sekarang.

Kuah laksa di sini menawarkan bumbu rempah yang kuat yang terbuat dari perpaduan lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar serta rebon.

Sedangkan isian laksanya terdiri dari tahum tekur hingga daging semur yang dihidangkan berasama ketupat, daun kucai, tauge dan bawang goreng.

Laksa Betawi Asirot terletak di Jalan Assirot No.1, RT.01/RW.3, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Satu porsi laksanya dibanderol dengan harga mulai Rp20 ribu.

6. Gado-Gado Bonbin, Cikini

Gado-gado Bonbin di Cikini ini juga dibilang sebagai kuliner legendaris karena sudah ada sejak tahun 1960.

Di sini kamu bisa menikmati gado-gado yang berisi berbagai macam sayuran seperti tauge, kol, kacang panjang, bayam, timun, kentang, tahu, telur, bawang goreng yang disiram dengan bumbu kacang.

Sesudah itu ditambahkan emping serta kerupuk udang yang menambah kuliner ini lebih istimewa.

Gado-Gado Bonbin ini terletak di Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, RT.14/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Satu porsi gado-gadonya dibanderol dengan harga mulai Rp 23 ribu saja.

7. Bakmi Gang Kelinci, Menteng

Bakmi Gang Kelinci yang terletak di Gang Kelinci ini tidak kalah legendaris karena sudah ada sejak tahun 1957.

Di sini kamu bisa mencoba beragam menu dengan bahan dasar mi, kamu bisa memilih bakmi ayam cah jamur hingga dimsum yang nikmat.

Bakmi Gang Kelinci terletak di Jalan Kelinci Raya No.1-3, RT.4/RW.3, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Satu porsi bakmi di sini dibanderol dengan harga mulai Rp25 ribu.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul 7 Kuliner Legendaris di Jakarta yang Sudah Ada Sejak Puluhan Tahun

ARTIKEL POPULER:

Baca: 7 Kuliner Pedas di Surabaya, Ada Nasi Goreng Jancuk hingga Bebek Mercon

Baca: Rekomendasi 7 Kuliner Nikmat Menggugah Selera di Tanah Abang, Jakarta

Baca: Rekomendasi 7 Kuliner Legendaris Menggugah Selera di Bandung

TONTON JUGA:

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: TribunTravel.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved