Yandex

Terkini Nasional

Libur Lebaran, Pedagang Mainan di Pasar Gembrong Keluhkan Penurunan Omzet

Sabtu, 15 Mei 2021 15:34 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUN-VIDEO.COM, JATINEGARA - Anjloknya daya beli warga akibat pandemi Covid-19 dirasakan pedagang mainan di Pasar Gembrong, Jalan Basuki Rachmat, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur

Meski sejak awal tahun 2000 kondang jadi tempat belanja mainan anak dengan harga murah, para pedagang di Pasar Gembrong kini tidak lagi bisa meraup untung banyak.

Ummi (50), satu pedagang mainan di Pasar Gembrong mengatakan omzet dagangannya anjlok lebih dari 50 persen pada momen libur Idulfitri 1442 Hijriah.

Padahal Idulfitri di tahun 2020 lalu saat awal pandemi Covid-19 melanda mereka masih dapat meraup untung meski tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya.

Sementara sebelum pandemi Covid-19 melanda, momen libur Idulfitri selalu jadi waktu pedagang mainan anak di Pasar Gembrong meraup untung besar.

Baca: Masyarakat Masih Memadati Pasar Jatinegara, Sion: Pengunjung Turun Sekitar 20 Persen

Menurutnya penurunan omzet dagang karena banyak warga yang penghasilannya berkurang hingga hilang terdampak pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Ummi mencontohkan banyaknya warga yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) sehingga mengurangi kebutuhan belanja dan memilih menabung.

Penurunan omzet dagang pada Idulfitri 1442 Hijriah sudah dirasakan pedagang mainan di Pasar Gembrong sejak pertengahan bulan Ramadan.

Pedagang mainan di Pasar Gembrong menjajakan berbagai jenis mainan dengan harga berkisar puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada kualitas.

Dari mainan berupa robot, miniatur mobil, boneka, rumah boneka, motor dan mobil listrik mini, hingga sepeda dijajakan pedagang Pasar Gembrong.(*)

# Kelurahan Jatinegara # Pasar Gembrong # pandemi Covid-19 # Idulfitri

Editor: fajri digit sholikhawan
Video Editor: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved