Yandex

Tribunnews Update

Buntut Video Ngaku Nabi Ke-26 hingga Nistakan Agama, Jozeph Paul Zhang Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Minggu, 18 April 2021 14:55 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Nama Jozeph Paul Zhang tengah jadi perbincangan hangat di media sosial setelah videonya yang mengaku-ngaku sebagai Nabi ke-26 viral di media sosial .

Dalam video yang beredar, pria itu bahkan juga menantang orang untuk melaporkannya ke polisi terkait penisataan agama.

Akibatnya, Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH) melaporkan pemilik akun Youtube Jozeph Paul Zhang ke Bareskrim Polri.

Baca: Tanggapi Video Viral Cabup Sebut Kerudung Panjang, MUI Sukoharjo: Tidak Ada Unsur Penistaan Agama

Laporan dugaan kasus penistaan agama terhadap pemilik akun Youtube Jozeph Paul Zhang ini dibenarkan oleh Husin Shahab, Direktur di Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH).

"Sudah kita laporkan pemilik akun Youtube Joseph Paul Zhang yang diduga menistakan agama dan menantang polisi minta ditangkap," kata Husin dalam keterangannya, Minggu (18/4/2021).

Saat dikonfirmasi pada Minggu, (18/4/2021), Husin menyebut laporan itu sudah dilayangkan pihaknya sejak Sabtu 17 April 2021.

Dalam laporan itu, Husin Shahab mencantumkan dugaan pelanggaran pidana ujaran kebencian (hate speech) dengan Pasal 454 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE, serta 156a KUHP.

Dikutip dari Tribunnews.com, laporan itu dibuat sebagai tindak lanjut atas video milik Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi ke-26 viral.

Sebagai langkah sigap pihaknya untuk memberikan efek jera agar tidak ada lagi pihak-pihak yang tidak bijak melakukan hal serupa.

Baca: Terseret Kasus Pelecehan Seksual dan Penistaan Agama, Atta Halilintar: Hati-hati Biar Gak Dipelintir

Menurut Husin, ini juga sebagai bagian dari upaya untuk meredam gejolak masyarakat yang bisa jadi meletup karena ulah yang bersangkutan.

Sebelumnya viral di media sosial, seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang mengaku sebagai nabi ke-26.

Hal itu disampaikan Jozeph Paul Zhanf dalam kanal YouTube-nya yang berjudul 'Puasa Lalim Islam'.

Di awal video itu, ia menyinggung soal puasa yang dilakukan umat Islam di Indonesia bahkan luar negeri.

"Tema kita hari ini puasa lalim Islam, lu yang puasa gua yang laper. hahahaha. Gubrak-gubrak pokoknya. Password seperti biasa ya, buka jus jus jus gubrak gubrak gubrak olala bebeh. Sedih ya, lu yang puasa gue yang laper, enggak bener lu," katanya.

Ia kemudian membahas soal kondisi masyarakat Indonesia yang tengah melakukan puasa. Begitu juga muslim yang ada di Eropa.

Baca: Paruru Daeng Tau, Pria Mengaku Nabi di Gowa Sempat Pura-pura Sakit saat Ditangkap Polisi

Tak sampai di situ, bahkan pria dalam video itu menantang kepada sejumlah pihak yang bisa melaporkannya ke polisi atas dugaan penistaan agama akan mendapat uang Rp 1 juta.

"Yang bisa laporin gue ke polisi, gue kasih uang loh, yang bisa laporin gue ke polisi penistaan agama, nih gw nih, Nabi ke 26 Joseph Paul Zhang."

"Kalau anda bisa bikin laporan polisi ya atas penistaan agama gua kasih loh, 1 laporan Rp1 juta, maksimal 5 laporan, supaya jangan bilang gue ngibul gitu kan," ucapnya. (Tribun-video.com/Tribunnews.com)

Baca juga berita terkait di sini

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mengaku Nabi ke-26, Jozeph Paul Zhang Dilaporkan ke Bareskrim Polri

# Jozeph Paul Zhang # viral di media sosial # mengaku nabi # Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH) # ujaran kebencian # penistaan agama

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Dea Mita
Video Editor: Gianta Firmandimas Adya Mahendra
Sumber: Tribunnews.com
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved