Yandex

Terkini Nasional

Aziz Yanuar Pertanyakan Komandan Dua Polisi Tersangka Penembak Anggota Laskar FPI

Kamis, 8 April 2021 07:11 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUN-VIDEO.COM, CAKUNG - Penyidikan Bareskrim Polri dalam kasus dugaan unlawful killing yang menewaskan empat anggota laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek pada 7 Desember 2020 lalu dipertanyakan.

Setelah Polri menyatakan dua anggota mereka jadi tersangka berdasar hasil gelar perkara penyidik Bareskrim dan dijerat pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan jo pasal 351 ayat 3 KUHP.

Mantan Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar mengatakan pihaknya mempertanyakan identitas dua anggota Polri yang tidak dipublikasikan dan sosok komandan dua anggota tersebut.

Komandan dimaksud yakni sosok yang memimpin tim saat penembakan, menurutnya kedua anggota Polri yang jadi tersangka tidak asal bertindak tanpa adanya perintah dari pimpinan.

Baca: Terduga Teroris Condet eks Anggota Divisi Jihad FPI, Aziz Yanuar: Itu Oknum

Baca: Terduga Teroris di Condet Mengaku sebagai Anggota FPI, Aziz Yanuar: Sudah Dipecat FPI Sejak 2017

Merujuk hasil penyelidikan Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) Enam Laskar FPI, menurutnya saat penembakan terdapat sejumlah anggota Polri di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Pihaknya juga mempertanyakan alasan kedua tersangka belum ditahan meski dijerat pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan yang ancaman hukuman maksimalnya 15 tahun penjara.

Aziz menuturkan untuk sekarang pihaknya belum bisa menyatakan percaya dengan hasil penyidikan, namun dia menyerahkan kepada Polri yang berwenang melakukan penyidikan.

Hal ini menyusul pertemuan TP3 Enam Laskar FPI saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo Istana Kepresidenan membahas penanganan kasus pada Selasa (9/3/2021) lalu.

Sebagai informasi pada 7 Desember 2020 lalu terdapat enam anggota Laskar FPI yang tewas di Tol Jakarta-Cikampek, dua di antaranya tewas dalam baku tembak dengan anggota Polda Metro Jaya.

Sementara empat lainnya berdasar investigasi Komnas HAM awalnya masih hidup saat diamankan dalam mobil, namun karena diduga melawan petugas keempatnya ditembak hingga tewas.(*)

# Aziz Yanuar # tersangka pembunuhan 6 laskar fpi # unlawful killing # Bareskrim Polri

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Muhammad Ulung Dzikrillah
Sumber: TribunJakarta
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved