Terkini Daerah

Kilang Minyak Pertamina di Balongan Indramayu Terbakar, Kapolda Jabar Ungkap Dugaan Penyebabnya

Senin, 29 Maret 2021 20:50 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3/2021).

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri mengungkapkan, kebakaran kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, diduga karena kebocoran atau pun rembesan kilang.

Hal tersebut menurutnya berdasarkan laporan saat menggelar rapat atau pun pertemuan di Pendopo Indramayu bersama Bupati, TNI-Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan kepala desa wilayah terdampak dari kebakaran kilang.

"Sementara sih informasi yang kami terima itu ada rembesan atau kebocoran di kilang atau tangki itu sendiri. Jadi seperti itu infonya ada kebocoran atau rembesan dari tangki," kata Dofiri, saat memberikan keterangan, Senin (29/3/2021).

Kapolda menjelaskan, saat ini pihak kepolisian sedang membantu penyelidikan dengan mendatangkan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri untuk mengetahui dugaan ledakan ataupun kebakaran kilang.

"(Puslabfor) sudah meluncur hari ini. Tetapi otomatis melihat-melihat situasi di TKP juga. Kalau misalnya (api) sudah mereda tentunya akan dilakukan. Nanti ada langkah-langkah sumber apinya dari mana dan karena apa itu akan kita lakukan," kata Dofiri.

Saat ini, menurutnya, kondisi api di kilang Pertamina RU VI Balongan sedikit meredup dan akan dilakukan pemadaman oleh petugas.

Baca: Ternyata Sudah 3 Kali Terjadi Kebakaran di Kilang Minyak Pertamina Balongan, Pertama di Tahun 2007

Baca: Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar, Warga Dengar Ledakan

Saat berita ini ditulis kondisi api di kilang masih menyala dan mengeluarkan asap pekat.

"Tapi sekarang kita sedang fokus dulu melokalisir api supaya tidak menjalar ke tangki-tangki yang lain, dan itu sudah bisa diatasi oleh pihak Pertamina. Jadi mudah-mudahan bisa mengecil apinya baru akan dilakukan pemadaman," kata dia.

Ribuan warga mengungsi

Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar mengungkapkan, dari kebakaran kilang tersebut tiga desa terdampak yakni Balongan, Majakerta dan Sukahurip.

Sebanyak 1.000 orang lebih dari 3 desa itu mengungsi ke Pendopo Indramayu.

"Mereka ketakutan trauma karena ledakan. Tapi kita sudah atasi. Kita jamin kesehatan pengungsi termasuk biaya perawatan, dan pihak Pertamina juga menanggung. Dampak ini juga ada korban dirawat di rumah sakit," kata Nina.

Nina juga menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu terdapat 21 orang menjadi korban.

Dari jumlah tersebut, 14 orang luka bakar ringan dan sedang, serta 7 orang luka bakar berat.

Dari 7 orang luka bakar berat tersebut, 2 di antaranya dirawat di RSUD Indramayu dan 5 di RSUD Gunung Jati Cirebon.

"Kebakarannya itu di bagian tengki. Kan di situ tangki ada empat, jadi itu yang terbakar. Tapi semua pengungsi akan kita tangani dengan baik," ujar Nina.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kapolda Jabar: Kebakaran Kilang Minyak Balongan Indramayu Diduga karena Kebocoran

# Kilang Minyak # Pertamina # Balongan # Indramayu

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Ramadhan Aji Prakoso
Sumber: Kompas.com

Tags
   #Kilang Minyak   #Pertamina   #Balongan   #Indramayu
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved