Yandex

Tribunnews Update

Jokowi Disambut Banyak Warga saat Kunjungi NTT, Netizen Bandingkan dengan Kerumunan Rizieq Shihab

Rabu, 24 Februari 2021 09:53 WIB
Warta Kota

TRIBUN-VIDEO.COM - Video yang menunjukkan kerumunan warga saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) beredar di media sosial.

Kerumunan tersebut terjadi di Maumere saat Jokowi dalam perjalanan untuk meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka.

Terkait peristiwa ini banyak warganet yang membandingkan dengan kasus kerumunan Habib Rizieq Shihab

Baca: Viral Video Presiden Jokowi Timbulkan Kerumunan saat Kunjungan ke NTT, Ini Penjelasan Pihak Istana

Kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengakibatkan kerumunan warga.

Bahkan akibat kunjungan Jokowi di Maumere tersebut, kerumunan warga mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak menjaga jarak.

Dalam video yang beredar, Jokowi tampak menggunakan mobil hitam. Warga mengelilingi mobil tersebut. Kendaraan itu pun sempat terhenti di tengah jalan.

Mantan Wali Kota Solo itu lalu membuka atap rooftop mobil. Ia keluar dari rooftop mobil dan melambaikan tangan ke arah warga.

Masyarakat yang telah berkumpul berteriak menyapa pemimpin mereka.

Sebagian orang sibuk mengabadikan momen dengan kamera ponsel mereka.

Saat melempar sapa, Jokowi mengenakan masker warna hitam.

Baca: Kunjungi Lumbung Pangan di Sumba Tengah, Jokowi: 34 Persen Kemiskinan Ada di Sini

Beberapa kali ia menunjuk maskernya, seperti memberi isyarat agar warga mengenakan masker.

Dikutip dari Wartakotalive.com, momen tersebut persis dengan momen kerumunan massa saat Rizieq Shihab pulang dari Arab Saudi, baik di Bandara Soekarno-Hatta maupun di Megamendung dan Petamburan.

Yang mana ketika itu, ribuan pendukung Rizieq menyambutnya kepulangannya.

Video tersebut menuai banyak kritikan dari netizen.

Sebagian netizen beranggapan bahwa penegak hukum tidak akan bertindak serupa terhadap Jokowi.

"Geger!, Beredar Video Kerumunan Warga Saat Jokowi Lempar-Lemparkan Bingkisan, Netizen: Jika Karena Kerumunan HRS Bisa Dipenjara, Kenapa Dilakukan Juga oleh Kepala Negara? Dimana Keadilan?" tulis @ab****ras

"Jokowi Membagikan Souvenir Ditengah Kerumunan, ISTANA : Untuk Menghargai Antusiasme Masyarakat Boleh Gitu Melanggar Prokes Pak @mohmahfudmd. Kalau Boleh Bebaskan IB HRS Dong.." tulis @aL****ma

"Alasannya spontanitas, dan ada juga pelemparan paket kepada kerumunan massa oleh @jokowi
Di video tampak tak ada prokes, massa tak pakai masker, menunjukan pemda tak berlakukan prokes dan aturan PPKM seperti instruksi pemerintah pusat. Rakyat dihukum, rakyat diminta maklum." tulis @Ke****roDEM

"Bukan Soal isi Souvenirnya Tuan.. tapi Soal UU ProKesnya.. Apa Kerumunan yg Seperti ini tidak Melanggar UU ProKes?? Kalau memang tidak, Bukankah Harusnya HRS, & 6 tokoh FPI yg ditahan sudah berada dirumah berkumpul dg Keluarga?? #JanganDzolimi6Syuhada" tulis @wa****bregu

Sementara, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan kejadian dalam video itu saat menemui wartawan, Selasa (23/2/2021).

“Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete,” kata Bey memastikan.

Menurut Bey, Jokowi spontan menyapa warga yang menyambut dirinya.

“Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker,” jelas Bey.

Dikutip dari Kompas.com, ia mengungkapkan, video itu juga memperlihatkan Jokowi membuat isyarat tangan di depan mulut.

Itu adalah cara Jokowi mengingatkan warga soal protokol kesehatan Covid-19.

“Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya,” tambah Bey. (Tribun-video.com/ Kompas/ Wartakotalive)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Penjelasan Istana soal Kerumunan Warga Sambut Kedatangan Jokowi di Maumere

Editor: Panji Anggoro Putro
Reporter: Rena Laila Wuri
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Warta Kota
VIDEO TERKAIT
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved