Hasil Sementara Olah TKP Ledakan Kapal Benny Laos, Polisi Bantah Peran 2 Orang Tak Dikenal

Editor: winda rahmawati

Video Production: ahmadshalsamalkhaponda

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

https://video.tribunnews.com/view/767855/live-breaking-news-pelantikan-presiden-wakil-presiden-prabowo-subianto-gibran-rakabuming-raka

TRIBUN-VIDEO.COM - Polisi terus menyelidiki penyebab ledakan Speedboat Bela 72 yang menyebabkan 6 orang tewas di area Pelabuhan Regional Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Kapolres Pulau Taliabu, AKBP Totok Handoyo, mengungkap hasil sementara penyelidikan yang dilaksanakan Tim Puslabfor Mabes Polri dan Labfor Polda Sulawesi Utara.

Kata dia, kecelakaan Speedboat Bela 72 berawal dari ledakan di ruangan VIP lantai dasar bagian depan.

Hal itu secara langsung membantah tudingan peran 2 orang tak dikenal (OTK) yang sempat naik ke speedboat tersebut sebelum insiden terjadi.

"Hasil laporan ini mematahkan peran 2 OTK yang berada di speedboat. Karena dari laporan ini bahwa, sumber ledakan dari ruang VIP bukan dari ruang mesin (belakang kapal) tempat 2 OTK berada saat di speedboat," ungkap AKBP Totok Handoyo, Sabtu (19/10/2024).

Baca: Megawati Tak akan Hadiri Pelantikan Presiden & Wapres Terpilih Prabowo-Gibran, Hasto: Sedang Flu

Baca: Penampilan & Senyum Sumringah Anies Baswedan saat Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Lambaikan Tangan

Tim Puslabfor Mabes Polri dan Labfor Polda Sulut juga telah menginvestigasi tempat kejadian perkara (TKP) seperti tingkat kerusakan/pengarangan body kerangka speedboat akibat ledakan dan kebakaran pada deck 1 dan deck 2.

"Tingkat kerusakan/pemanasan lantai atap dan lantai bawah deck beserta besi kerangkanya, dan tingkat kerusakan/pengarangan pada barang-barang yang ada di dalamnya yaitu kursi, meja, tumpukan pakaian, buku, kaos-kaos, dan barang lainnya menunjukkan lokasi ledakan/kebakaran berada di bagian ruang VIP deck 1 Kapal Bela 72," imbuhnya.

Polisi pun berhasil mengambil sejumlah sampel barang bukti untuk diuji laboratorium, antara lain:

1. Abu/arang sisa kebakaran berupa fiber bodi rangka kapal, HPL, dan tripleks finishing dari interior speedboat, kertas, kain, kayu, plastik, dan barang barang mudah terbakar lainnya guna pemeriksaan laboratorium.

2. Sampel cairan dengan cara swab pada bagian dalam tangki BBM speedboat.

3. Dua unit genset pada bagian depan anjungan kapal merk KOHL 11000 dengan Output 7.8 KW tersebut digunakan sebagai backup daya listrik fasilitas sementara untuk beban listrik berupa AC, exhaust, kulkas, dan beban listrik di kapal, sedangkan satunya tidak digunakan. Genset tersebut masih utuh dan tidak mengalami kerusakan akibat kebakaran.

Adapun polisi menemukan barang bukti disekitar TKP kebakaran speedboat, yaitu:

1. Tiga jerigen ukuran 25 liter di area dermaga yang merupakan sisa pengisian BBM untuk kapal speedboat. Sampel cairan sisa BBM diambil guna pemeriksaan dilaboratorium.

2. Abu arang yaitu kain pakaian, handuk, kardus pada sekitar area dermaga pelabuhan.

3. Tali kait pengait speed boat Bela 72 meleleh akibat kebakaran di area dermaga.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunTernate.com dengan judul Hasil Sementara Olah TKP Ledakan Speedboat Bela 72 di Pulau Taliabu, Polisi Bantah Peran 2 OTK

#Maluku Utara # KapalĀ  # TKP # Benny Laos

Sumber: Tribun Ternate
   #Benny Laos   #kapal   #speedboat   #TKP   #Maluku Utara
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda