Kanal

Banjir di Kalimantan Selatan Rendam Ribuan Rumah

TRIBUN-VIDEO.COM - Hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 12-14 Januari 2021 mengakibatkan banjir menggenangi sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan (Kalsel) Salah satu wilayah yang terdampak parah akibat bencana banjir ini adalah Kabupaten Balangan, yang terletak di bagian utara Kalimantan Selatan.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Sabtu (16/1/2021) pukul 02.00 WIB tercatat ada 3.571 rumah di Balangan yang terendam banjir.

Banjir di Balangan disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi, yang menyebabkan meluapnya sungai Balangan dan sungai Pitap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan menyebut, saat ini banjir masih belum surut, dengan tinggi muka air terpantau sekitar 50-150 sentimeter.

BPBD Balangan menyebut, saat ini kebutuhan mendesak yang harus segera disediakan adalah perahu karet dan logistik.

3.571 rumah terendam Pusat Pengendali Operasi BNPB menyebut, sebanyak 3.571 rumah yang terendam di Balangan tersebar di enam daerah Kecamatan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul UPDATE Banjir Kalsel: Kebutuhan Mendesak Logistik dan 3.571 Rumah Masih Terendam

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Dimas HayyuAsa
Sumber: Kompas.com

Video Populer