WOW TODAY

WOW TODAY: Tips agar Tak Stres Mencari Kerja

Jumat, 4 Oktober 2019 09:58 WIB
TribunWow.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Halo Tribunners, biasanya, calon lulusan baru atau fresh graduate akan berlomba-lomba menyelesaikan pendidikan agar memperoleh gelar tepat waktu dan cepat dalam memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Namun sayang, kenyataan tidak semudah apa yang menjadi harapan. Nyatanya, ada lulusan belum memiliki pekerjaan. Bila tidak hati-hati, hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti stres dan depresi.

Untuk menghindari hal tersebut, ada 3 hal yang dapat dilakukan:

1. Membuka Diri

Satu di antara cara mengatasi stres saat mencari kerja adalah dengan mengeksplorasi diri seluas mungkin. Bisa saja muncul rasa minder saat belum mendapatkan pekerjaan yang memengaruhi kita malas dan enggan keluar rumah. Padahal, hal ini salah.

Kita malah dianjurkan untuk lebih banyak berinteraksi dan bersosialisasi. Ada banyak hal yang dapat kita dilakukan, di antaranya mengikuti kursus keahlian atau pun mencari relawan.

Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan dapat membangun dan menggali kemampuan dimiliki. Nantinya ketika hendak melamar pekerjaan lagi, kita pun sudah siap untuk bersaing dan bekerja.

2. Membuat Perencanaan Keuangan

Khawatir dengan masalah keuangan saat sumber mata pencaharian tetap belum ada adalah hal yang wajar. Namun hal ini umumnya justru sering menjadi sumber stres dan depresi pada orang yang sedang mencari kerja.
Daripada khawatir namun tidak menghasilkan apapun, ada baiknya kita mulai melakukan pengaturan rencana keuangan. Luangkan waktu untuk membuat anggaran mulai dari biaya ongkos mencari pekerjaan, kebutuhan makan sehari-hari, sampai baju yang akan kita beli saat hendak melamar kerja.

Ini juga bisa jadi motivasi atau pecutan buat kita mencari pekerjaan secara realistis.

3. Melakukan Evaluasi

Kita juga perlu melakukan refleksi diri di sela-sela mencari pekerjaan. Refleksi diri atau bercermin pada diri sendiri dapat mencegah stres saat mencari kerja. Alasannya, kita jadi lebih fokus mencari solusi, bukan fokus mencari siapa yang bisa disalahkan.

Dengan refleksi dan evaluasi, kita mencermati lagi proses dalam mencari kerja. Misalnya, memastikan tidak kesalahan dalam penulisan di CV, melamar ke perusahaan yang bukan bidang keahlian, atau bahkan kesalahan saat melakukan wawancara kerja.(*)

(TribunWow.com)

ARTIKEL POPULER: 

Baca: WOW TODAY: Siswa SMP di Manado Tewas setelah Dihukum Berlari Keliling Lapangan oleh Gurunya

Baca: WOW TODAY: VIRAL Pria Nikahi Dua Wanita Sekaligus karena Tak Tega Memilih

Baca: WOW TODAY: Tips Ampuh Atasi Luka Bakar

 

TONTON JUGA:

Editor: Purwariyantoro
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved