Ibu Kota Baru RI Pindah ke Kalimantan Timur

Menteri Perhubungan Budi Karya Meninjau Wilayah Calon Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Sabtu, 21 September 2019 21:41 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUN-VIDEO.COM, BALIKPAPAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan perdananya di wilayah calon ibu kota baru yang berada di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur, Kamis (19/9/2019).

Budi Karya tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur sekitar pukul 10.00 WITA.

Setelah menggelar rapat singkat bersama jajaran Kemenhub dan stakeholder terkait di bandara, Budi Karya langsung meninjau wilayah calon ibu kota baru di Semboja, Kutai Kartanegara melalui udara menggunakan helikopter.

Budi Karya kemudian melanjutkan pemantauan wilayah perairan calon ibu kota baru menggunakan kapal cepat atau speedboat dari Balikpapan Coal Terminal (BCT) hingga kawasan Mentawir yang masuk Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sepanjang perjalanan Budi Karya ditemani Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Kepada awak media, Budi Karya mengatakan infrastruktur jalan dan rel kereta api akan menjadi prioritas pembangunan Kemenhub di wilayah calon ibu kota baru tersebut.

“Kalau menurut hemat saya yang pertama dibangun adalah infrastruktur jalan tol dan jalur kereta api, antara Balikpapan ke sini (ke wilayah calon ibu kota baru),” ungkap Budi Karya kepada awak media.

Pria asal Sumatera Selatan itu mengatakan pembangunan jalur kereta api menjadi prioritas karena merupakan angkutan transportasi massal yang efektif baik dari segi waktu maupun jumlah penumpang atau baranh yang diangkut.

“Selain itu karena kereta api juga ramah lingkungan. Kemudian dengan tol kita bisa sediakan bus besar sebagai transportasi massal yang tanpa awak juga,” katanya.

Sementara itu transportasi kapal akan menjadi alternatif berikutnya menurut Budi Karya.

Di samping itu, untuk transportasi udara menuju calon wilayah ibu kota baru menurut Budi Karya akan mengandalkan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.

“Pembangunan jalan tol dan kereta api dari Balikpapan ke sini menjadi prioritas karena Balikpapan sudah memiliki bandara besar yang bisa diperpanjang landasan pacunya menjadi tiga ribu meter dan terminalnya kita tingkatkan mampu menampung tiga puluh juta penumpang per tahunnya,” ucap Budi Karya. (*).

ARTIKEL POPULER:

Baca: VIDEO: Live Streaming Liga Inggris Newcastle Vs Brighton Sabtu (21/9) Pukul 23.30 WIB

Baca: Kunjungi Stadion Manahan Solo, Erick Thohir: Penjajakan

Baca: Pengakuan Pemeran Wanita dalam Video Mesum Berseragam ASN Jabar, Akui Tak Tahu Aksinya Direkam

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Rizal Bomantama
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved