Olahraga

Sebanyak 1.066 Atlet Karate Ikut Kejurnas Piala Panglima TNI 2019

Jumat, 13 September 2019 14:22 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Sebanyak 1.066 atlet karate mengikuti Kejuaraan Nasional Karate Piala Panglima TNI ke-VII tahun 2019 yang diselenggarakan di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur mulai 13 sampai 16 September 2019.

Sebanyak 1.066 peserta tersebut terdiri dari atlet TNI-Polri 402 orang dengan komposisi putra 334 dan putri 68, atlet Umum 664 orang sengan komposisi putra 373 dan putri 291.

Sedangkan untuk kontingen TNI-Polri sebanyak 33 Kontingen, serta Perguruan dan Pengprov Forki sebanyak 45 kontingen.

Jumlah kelas yang dipertandingkan terdapat dua kategori yakni Kategori TNI-Polri mempertandingkan Kata dan Komite (perorangan dan beregu) untuk kelas senior putra dan kelas senior putri.

Sedangkan Kategori Umum (PB/PP Perguruan dan Pengprov FORKI) kelas Junior, Cadet, dan Under-21 mempertandingkan Kata dan Komite perorangan untuk putra dan putri.

Medali yang diperebutkan terdiri dari dua kategori yakni Kategori TNI sebanyak 30 emas, 30 perak, dan 60 perunggu dan Kategori Umum untuk Junior, Cadet, Under-21 yakni 39 Emas, 39 Perak dan 78 Perunggu.

Tema kegiatan yang dibuat oleh Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) tersebut kali ini adalah ”Dengan Kejuaraan Nasional Karate Piala Panglima TNI VII Tahun 2019, Kita Kuatkan Tali Persaudaraan, Kokohkan Jiwa Dan Semangat Kebersamaan Guna Mewujudkan Prestasi Indonesia Yang Unggul”.

Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap pada Jumat (13/9/2019).

Dalam amanatnya, Hadi menyinggung terkait prestasi atlet karate Indonesia di ajang internasional Asean Games 2018.

Ia mengatakan pada ajang tersebut cabang olahraga karate menyumbangkan 1 emas dan 3 perunggu.

"Hal ini menunjukkan para atlet karate  Indonesia memiliki potensi yang besar untuk meraih prestasi di level dunia. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama dengan komponen bangsa lainnya saling mendukung, untuk meraih prestasi terbaik, demi kejayaan bangsa dan negara," kata Hadi.

Tidak hanya itu, ia mengatakan untuk kategori junior nantinya para pemenang akan dkskapkan untuk mengikuti kejuaran internasional di Chili sedangkan untuk kategori seniornya akan disiapkan untuk mengikuti Sea Games.

"Khusus yang kelompok junior nantinya untuk pemenangnya akan kita lanjutkan untuk mengikuti kejuaraan internasional di Chile. Kemudian untuk kelompok seniornya nanti akan kita seleksi juga untuk mengikuti Sea Games di Filipina, kebetulan tahun ini juga bulan Desember, untuk di Chile bulan Oktober. Harapan kita, kita tetap paling tidak mempertahankan tiga emas. Terlebih di Sea Games. Syukur-syukur kita bisa lebih dari itu," kata Hadi.

Acara tersebut juga dibuka oleh demo dari para atlet karate berpreatasi dari kategori junior dan senior. (*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Kisah Atlet Karate Kota Palu yang Gemar Berjualan Bakso Bakar

Baca: Pekerja Honorer dan Pengantar Galon Air yang Lolos Menjadi Anggota DPRD Ternyata Atlet Karate

Baca: INKAI UNS Solo Targetkan Kemenangan Karate Antarmahasiswa se-Asia Tenggara

TONTON JUGA:

Editor: Aprilia Saraswati
Reporter: Gita Irawan
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved