Terkini Nasional

Uji Kelayakan, Capim KPK Lili Pintauli: KPK Selesaikan Kasus yang Melibatkan TNI

Kamis, 12 September 2019 19:51 WIB
Tribunnews.com

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM - Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK), Lili Pintauli Siregar menyarankan KPK berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk meneyelesaikan kasus yang melibatkan TNI.

Hal tersebut dinyatakannya saat uji kelayakan dan kapatutan Capim KPK di Komisi III DPR RI, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Lili menjelaskan, kesulitan KPK dalam menyelesaikan kasus korupsi Helikopter AW 101 yang melibatkan TNI seharusnya bisa diselesaikan dengan berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung.

Menurutnya, Kejaksaan Agung yang memiliki pengalaman menangani berbagai kasus yang melibatkan TNI bisa dijadikan sebagai koordinator kasus tersebut.

"Saya melihat di media bahwa KPK kesulitan menyelesaikan kasus pembelian helikopter. Kan bisa memungkinkan sebetulnya itu dikoordinasikan pada Jaksa Agung. Bahwa Jaksa Agung sebagai koordinator kasus ini, karena macet. Saya pikir ini diatur juga dalam Undang Undang Tindak Pidana Korupsi," kata Lili.

Menurut Lili KPK tidak perlu malu untuk mengungkapkan kesulitan penanganan kasus dan bekerja sama dengan lembaga penegak hukum lain untuk menyelesaikannya.

Sebagaimana diketahui, KPK kesulitan mendapatkan keterangan saksi-saksi dari pihak TNI AU dalam penanganan kasus korupsi pembelian Helikopter AW 101.

Dalam kasus tersebut, KPK menemukan penggelembungan dana, meski Presiden Jokowi menolak pembelian heli tersebut, pembelian tetap dilakukan. (*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Kasus Suap Korupsi E KTP, Ketua DPR RI Nonaktif Setya Novanto Diperiksa KPK sebagai Saksi

Baca: Begini Kondisi Mobil Esemka yang Dipakai Jokowi saat Jadi Wali Kota Solo

Baca: Dibegal saat Pergi dengan sang Pacar, Siswa SMA Bunuh Pelaku karena Kesal Kekasihnya akan Diperkosa.

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Reporter: Lendy Ramadhan
Video Production: Sekar Manik Pranita
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved