Terkini Nasional

Keluarga BJ Habibie Bangun 11 Gedung Pencakar Langit di Batam

Rabu, 11 September 2019 16:17 WIB
TribunWow.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) Baharudin Jusuf (BJ) Habibie dan putranya Ilham Habibie akan membangun 11 gedung pencakar langit di Batam.

Gedung yang diberi nama Gedung Pollux Habibie International ini akan menjadi proyek multifungsi milik keluarga BJ Habibie.

Diberitakan Kompas.com, Senin (21/1/2019), gedung tersebut direncakan terdiri dari 8 menara apartemen, satu hotel, satu rumah sakit beraraf internasional, mall, pertokoan, serta satu gedung perkantoran.
8 menara apartemen itu akan berisi 6500 unit apartemen yang siap dijual.

Bahkan untuk gedung perkantoran akan dibangun hingga 100 lantai dan menjadi gedung tertinggi di Indonesia.

Pada Senin (21/1/2019), CEO PT Pollux Properti Indonesia Tbk, Nico Po menyebut bahwa sudah ada dana Rp 11 triliun untuk pembangunan proyek multifungsi tersebut.

Untuk pembanunan Nico sudah menunjuka sebuah perusahaan kontruksi BUMN untuk melakukan pengerjaan fase pertama.

Perusahaan yang dipilih adalah PT PP (Persero) Tbk sebagai kontraktor utama.

"Itu meliputi pembangunan empat tower apartemen sebanyak 3000 unit, ruko, dan mal. Sejak peletakan batu pertama akhir 2016 lalu, kalau semuanya berjalan lancar, kita secara bertahap akan lakukan serah terima tiga tower pertama pada akhir tahun ini," ujar Nico.

Proyek multifungsi itu akan dibangun di atas tanah seluas 9 hektar yang berlokasi di batam Center, Batam, Kepulauan Riau.

Pada laman resminya, BJ Habibie menyebut Batam adalah tempat yang menarik dan ingin ikut mengembangkan Kota Batam.

“Batam tempat yang menawan bagi saya. Melalui pembangunan Meisterstadt, kita bangun kota Batam agar menjadi kota yang maju dan sempurna dari segala sisi. Meistestadt adalah wujud nyata berbagai proses perkembangan kota Batam," ucap BJ Habibie.

Mantan presiden RI itu juag menyebut bahwa Batam akan menjadi lokasi yang berkembang dengan baik.

"Lokasi yang strategis serta potensi perkembangan dari berbagai sisi industri membangun keyakinan Pollux bahwa Meisterstadt akan menjadi salah satu landmark terbesar di Batam," jelas BJ Habibie.

Tidak hanya BJ Habibi, namun Nico juga berharap agar pembangunan Meisterstadt akan menjadi langkah untuk memajukan Kota Batam.

"Kami harap pembangunan Meisterstadt dapat memberikan dampak nyata bagi perkembangan masyarakat Batam sebagai pendukung perkembangan kota ini di masa depan," ucap Nico yang dilansir TribunBatam.id, pada tanggal 19 November 2018.

Putra dari BJ Habibie, Ilham Habibie juga menilai pemilihan lokasi pembangunan Meisterstadt di Batam ditujukan sebagai bentuk investasi pada orang asing.

"Mengapa di pilihnya Batam untuk pengembangan proyek ini, karena kami yakin Batam bisa menjadi agen ekonomi sekaligus mensinergikan dengan negara lain seperti Singapura dan Malaysia," ucap Ilham Habibie, pada 30 Januari 2016.

"Kami percaya dalam jangka panjang Batam memiliki kelayakan bisnis yang bagus sehingga bisa menjadi investasi bagi orang Singapura atau Malaysia," tambahnya.

Selain itu BJ Habibie juga menyebut pembangunan Meisterstadt adalah cita-cita dari almarhumah istrinya Ainun Habibie semasa hidup.

"Cita-cita mulia Ibu Ainun itu sungguh menjadi hal yang terus ia perjuangkan. Selain komitmen itu, semenjak dulu ibu Ainun juga turut merintis berdirinya bank mata," ujar BJ Habibie saat launching CSR Sepuluh Ribu Mata, di ruang perpustakaan kediamannya di Jalan Patra no 13, Kuningan, Jakarta, pada 3 Mei 2016.

Pembangunan proyek multifungsi tersebut tidak sepenuhnya mulus.

Pemerintah Kota Batam hanya mengeluarkan izin untuk pembangunan 80 lantai untuk gedung perkantoran milik keluarga Habibie itu.

"Seluruh aspek legal gedung 80 lantai telah kami kantongi. Tinggal merealisasikannya. Gedung tertinggi yang dirancang dengan konsep twisted ini akan menjadi tahap akhir atau kelima dari proyek Meisterstadt," tutur Sales and Marketing Director Pollux Properties Indonesia Maikel, Jumat (6/9/2019).

(TribunWow.com/Ami)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Keluarga BJ Habibie Bangun 11 Gedung Pencakar Langit, Jadi Proyek Multifungsi di Batam

ARTIKEL POPULER:

Baca: Profil Greg Nwokolo - Pesepak bola Profesional

Baca: Indonesia Dituduh Penyebab Kabut Asap di Malaysia

Baca: Mewahnya Hotel yang Dibeli Rieta Amilia

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved