Terkini Daerah

Kompas Gramedia & Sinar Mas Bagi-bagi Buku untuk Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Rabu, 11 September 2019 09:54 WIB
Tribunnews.com

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM, PANDEGLANG - Bekerja sama dengan APP Sinar Mas, Kompas Gramedia bagi-bagi buku ke beberapa Taman Baca Masyarakat (TBM).

Hal tersebut diwujudkan untuk yang ke dua kalinya di TBM Saung Huma, Kampung Curug Luhur, Desa Cikondang Waringinjaya, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (10/9/2019).

Paket buku senilai Rp300 juta berhasil dikumpulkan dari program Charity Fun Run 5K PapeRun 2019 yang diselenggarakan Juni lalu.

Dana tersebut merupakan kumpulan uang pendaftaran para peserta program tersebut.

Buku-buku terdiri dari berbagai tema bacaan di antaranya: komik, novel, kumpulan tips, dan pengetahuan umum.

General Manager Communication KompasGramedia, Saiful Bahri sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Munawir sebagai pengurus dari TBM Saung Huma yang bersedia menerima paket buku tersebut.

TBM Saung Huma sebelumnya terkena bencana Tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Desember 2018 lalu.

"Sejarahnya ini kalau tidak salah TBM relokasi yah, sebelumnya kena musibah tsunami sekian bulan lalu. Harapannya nanti bisa menggairahkan anak-anak di sini untuk membaca," kata Saiful Bahri.

Sementara itu, perwakilan APP Sinar Mas, Lia Mariani berharap kerja sama tersebut bisa terus berlanjut hingga tingkat minat baca masyarakat Indonesia meningkat signifikan.

Vice General Manager Kompas, Ferry Indarto Asri menjelaskan tingkat minat baca masyarakat Indonesia berada pada situasi yang mengkhawatirkan, terutama pada anak-anak yang merupakan generasi masa depan bangsa.

Mengutip survei Nielsen Ferry menambahkan hanya satu dari sepuluh anak Indonesia yang memiliki minat baca tinggi, sisanya sembilan anak lebih tertarik berselancar di sosial media.

Kompas Gramedia dan Sinar Mas berharap, dengan kegiatan sosial bertajuk Buku Bergerak untuk Nusantara itu, minat baca masyarakat Indonesia terus meningkat.(*)

TONTON JUGA:

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Reporter: Lendy Ramadhan
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved