Polres Brebes Berikan Bantuan Air Bersih untuk Warga Larangan

Kamis, 29 Agustus 2019 14:35 WIB
Tribun Jateng

TRIBUN-VIDEO.COM - Bencana krisis air bersih akibat kekeringan yang melanda Kabupaten Brebes masih terus berlangsung.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa membeli air menggunakan jerigen.

Warga Desa Karangbale, Kecamatan Larangan, Brebes, Darkono mengatakan, krisis air bersih di desanya sudah berlangsung dua bulan terakhir. Selama ini, warga mendapatkan air dengan cara membeli.

"Sudah dua bulan kekeringan. Untuk memenuhi kebutuhan, kita beli dari penjual air dengan harga Rp 1.000 sampai Rp 1.500 per jerigen," kata Darkono, di sela antrean bantuan air bersih dari Polres Brebes, Rabu (28/8/2019).

Selain membeli, warga juga mendapatkan air dengan mencari di luar desa yang jaraknya cukup jauh. Namun, warga kerap pulang dengan tangan kosong. Pasalnya, desa desa lain juga mengalami kondisi yang sama.

Kondisi tersebut dibenarkan Kepala Desa Karangbale, Sumeru. Ia mengatakan, warga harus membeli air dari penjual keliling untuk berbagai keperluan di antaranya minum, memasak, mandi dan lainnya.

"Iya, warga dapat air dari membeli. Ada juga yang nyari sendiri," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Polres Brebes memberikan bantuan air bersih. Warga menyambut antusias atas bantuan yang diberikan karena bisa meringankan beban warga.

"Harapannya bantuan diberikan secara rutin sampai datang musim penghujan," harapnya.

Penyerahan bantuan air beraih dilakukan Waka Polres Brebes, Kompol M Faisal Perdana, didampingi Kabag Ops Kompol Harry Sutadi, dan jajaran Polres Brebes.

"Alhamdulillah Polres Brebes diberi kesempatan untuk memberikan bantuan air bersih ke warga yang kekurangan air selama kekeringan ini. Selain itu, juga melayani masyarakat di luar tugas pokok dan fungsi," kata Waka Polres Brebes, Kompol M Faisal Perdana.

Bantuan air bersih yang diberikan sebanyak 14.000 liter yang diangkut menggunakan mobil Water Cannon Satuan Sabhara dan 2 truck tangki milik PDAM. Bantuan air bersih tersebut diserahkan langsung oleh Faisal Perdana, mewakili Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono, kepada warga yang membutuhkan.

"Kami berharap kegiatan ini meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air. Sehingga tidak lagi membuang air secara cuma-cuma atau mencemari sungai dengan sampah dan limbah lainnya," tambahnya.(Nal)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Warga Larangan Brebes Terpaksa Beli Air untuk Penuhi Kebutuhan Selama Kekeringan

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved