Viral di Medsos

Gadis Temukan Uang Simpanan Neneknya Dimakan Rayap

Kamis, 22 Agustus 2019 18:24 WIB
TribunStyle.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Nasib tragis dialami seorang gadis pengguna Twitter bernama akun @putribuddin.

Putri Buddin (23) menemukan uang simpanan neneknya yang telah meninggal dunia.

Uang tabungan milik nenek Putri itu tersimpan dalam sebuah plastik lalu diletakkan di dalam lemari.

Sayangnya, ketika ditemukan, kondisi uang sudah tak lagi utuh.

Sebagian besar lembaran uang rusak karena dimakan rayap.

Padahal jika dihitung, nominal uang sudah mencapai kurang lebih Rp 10 juta.

"Niat hati biar ga boros, simpen uang di lemari, eh malah dimakan rayap

Sedi banget sumpaaa

Kalo kaya uangnya rusak separah ini bisa dituker ke bank ga si guys?

Huhu," tulis Putri mengawali curhat melalui cuitan Twitter pada Sabtu (17/8/2019).

Dalam foto yang ia unggah, terlihat tumpukan lembaran Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu yang tak lagi utuh.

Putri lalu berusaha menyelamatkan uangnya dengan membawa ke Bank Indonesia.

Ia berharap bisa menukar uang tersebut meski tahu uang simpanan neneknya sudah rusak.

Berikut cerita lanjutan yang diunggah Putri melalui sebuah thread:

"KELANJUTAN UANG DIMAKAN RAYAP - SEBUAH UTAS

sebelumnya gue mau ngucapin makasih banyak buat temen-temen yang udah kasih saran gue buat ke Bank Indonesia.

Jujur tadinya gue udah gatau mau ngapain, untung aja blm gue buang uangnya.

Total uang yang gue temuin di lemari setelah gue taksir itu sekitar 10jt an.

Yang dipisah jadi 2 bundle.

1 bundle udah jadi sarang rayap jadi langsung gue buang

1 bundle lagi yang dibungkus plastik yang gue foto, sejumlah 5,4 juta (yang bisa terhitung).

Atas saran temen-temen akhirnya tadi pagi gue pergi ke BI buat tuker uang gue.

Gue udah pesimis banget, karena sebelumnya gue sempet baca di webnya, dan gue pesimis kalo uang gue bisa ditukar.

Sampe di BI gue ambil nomor antrean, dan nunggu sampe nomor gue dipanggil.

Ternyata bukan cuma gue doang, di BI cukup banyak orang yang nuker uang, tapi... nukernya uang2 lecek sama recehan, yang nuker uang rayap gue doang

Pas nomor gue dipanggil, jujur bgt gue deg-degan.

Gue ngeluarin duitnya ati2 bgt krn udah serapuh dan separah itu.

Mas-mas yang ngelayanin gue mukanya sedih tp mau ketawa, gue juga gitu, ngerasa lucu tapi nyesek gitu lohh.

Tapi mas-masnya baik, ngebantu banget sih parah.

Masnya bantuin gue ngeluarin uang2nya, trs dipilah-pilih sama dia mana yang masih bisa ketolong, mana yang dibuang, foto di atas itu foto yang masih bisa ketolong dari 5,4jt

Terus gue bantuin buat misah-misahin uang yang masih bisa ketolong itu jadi selembar-selembar.

Sambil gue misahin itu duit, masnya periksa kondisi fisik uangnya pake alat.

Fungsi alat ini membaca kelayakan dan keutuhan uang secara fisik.

Uang yang dapat diganti harus memiliki keutuhan fisik sebesar min.67%.

Jadi kalau serinya hilang atau tidak lengkap, tapi keutuhan fisiknya di atas 67%, uangnya bisa diganti dengan uang baru.

Nah prosesnya kurang lebih kaya gini.

Uang yang keutuhan fisiknya di bawah 67% langsung dicap “TIDAK DIGANTI” sedih dah ngeliatinnya

Selisih persenannya soalnya sedikit di bawah 67%

Terus uang yang kondisinya di atas 67% dipisahin, dilem di atas kertas putih, terus digunting kaya gini

Dari 5,4jt uang gue yang diganti oleh BI senilai Rp1.050.000,00

Rayapnya laper bgt kayaknya fakla

Ini uang yang 'TIDAK DIGANTI' terus kata masnya disimpen aja buat kenang-kenangan.

Dimasukin ke dalem plastik dong.

Buat rayap-rayap lain yang laper lumayan

Dan ini uang yang diganti BI.

Iya pake 10ribuan, yang lainnya katanya habis dituker sama uang koin

Btw ini suasana pas gue baru dateng, rame bgt pada nukerin uang koin dan uang lecek.

Ada juga ibu2 yang matanya sembab nangis gara-gara uangnya kecuci di rendeman bayclin

Semoga utasnya bermanfaat, makasi guys."

Alhasil, uang senilai kurang lebih Rp 10 juta itu hanya bersisa sekitar 10 persennya.

Cerita itu pun lalu viral dan ditanggapi beragam komentar.

"Semangat buddin, semoga segera diganti sama Allah. Pelajaran dan pengingat buat semua juga,"

"Budin gila aku sedih banget bacanyaaaa,"

"Lain kali simpan di bank aja ya. Atau kalau terpaksa di brankas yg aman dan anti rayap,"

"Yaaah sayang banget huhu semoga jd pembelajaran kita semua. Skrg di bank juga bisa kok simpen uang tp uangnya ga boleh kita ambil sampe jangka waktu tertentu jd ga perlu takut2 kalo uangnya bakal kita pake. Mangatssss ya," (TribunStyle.com/Galuh Palupi)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Ibukota Pindah Ke Kalimantan Timur, Bukit Soeharto Dicoret dari Pilihan

Baca: Universitas Tidar, Perguruan Tinggi Negeri yang Mulai Menyelenggarakan Pendidikan Sejak 17 Juli 1979

Baca: Ayah Perkosa Putri Kandungnya, Sang Istri Diusir dari Kamar karena Pelaku Sudah Tak Tahan

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Bintang Nur Rahman
Sumber: TribunStyle.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved