Terkini Daerah

Munculnya Buaya di Pantai Carocok Diduga karena Sisa Pembuangan Hewan Qurban

Rabu, 21 Agustus 2019 23:30 WIB
Kompas.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pesisir Selatan Sumatera Barat telah mengidentifikasi bahwa buaya yang muncul di Pantai Carocok, Pesisir Selatan, adalah buaya muara.

"Setelah kami identifikasi buaya yang muncul di Pantai Carocok itu adalah buaya muara yang keluar dari habitatnya," kata Kepala BKSDA Resor Pesisir Selatan, Bilmar, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/8/2019).

Bilmar menyebutkan, sejak kemunculan buaya yang videonya viral di media sosial itu, pihaknya sudah melakukan observasi dan identifikasi.

Bilmar mengatakan, kuat dugaan kemunculan buaya itu dikarenakan adanya pembuangan sisa potongan hewan kurban yang dibuang ke laut dan sungai.

"Kemungkinan dipicu karena pembuangan sisa potongan hewan kurban," kata dia.

Selain itu, menurut Bilmar, juga dipicu adanya penyempitan habitat buaya muara, akibat adanya alih fungsi rawa dan hutan bakau menjadi perkebunan sawit.

"Jadinya buaya muara berenang mencari muara lain yang aman dan punya sumber makanan yang cukup. Kami imbau warga waspada," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, video penampakan seekor buaya di obyek wisata Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjadi viral di media sosial YouTube.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Buaya Muncul di Pantai Carocok Diduga karena Pembuangan Sisa Hewan Kurban"

ARTIKEL POPULER:

Baca: Viral Video Buaya Masuk ke Pemukiman Warga dan Coba Terkam Seekor Anjing

Baca: Viral Video Buaya Naik ke Tangga Dapur Rumah Warga, Banyak Warga Mengabadikan

Baca: BBKSDA NTT Akan Pasang Alat Pendeteksi Buaya di Pantai Manikin

TONTON JUGA:

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Muhammad Eka Putra
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved