Tribunnews Wiki

Universitas Trisakti, Universitas yang Didirikan Pemerintah Republik Indonesia pada 29 November1965

Senin, 19 Agustus 2019 10:43 WIB
TribunnewsWiki

TRIBUN-VIDEO.COM - Universitas Trisakti didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 014/tahun 1965 yang ditandatangani oleh Dr. Sjarif Thajeb.

Tanggal 29 November tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari kelahiran Universitas Trisakti.

Dikutip dari situs resmi Universitas Trisakti, proses kelahiran kampus ini diawali dengan dihancurkannya Universitas Respublika oleh masa pada tahun 1965 karena dianggap terlibat dalam pergerakan Partai Komunis Indonesia pada bulan September 1965.

Diterangkan dalam situsnya bahwa dari puing - puing Respublika itulah dibangun Universitas Trisakti.

Selain itu, Universitas Trisakti juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Nama Universitas Trisakti diberikan oleh Dr. Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pada waktu itu.

Makna Trisakti diambil dari pidato Dr. Ir. Soekarno, yaitu berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Pada awal didirikan Universitas Trisakti memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Teknik yang memiliki 4 (empat) departemen yaitu Departemen Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Arsitektur.

Dalam perjalanannya, Universitas Trisakti telah memiliki 9 (sembilan) fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknik Lingkungan, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain, dengan jumlah 23 (dua puluh tiga) Program Sarjana dan 5 (lima) Program Diploma III.

Selain itu terdapat Program Pascasarjana yang memiliki 8 (delapan) Program Magister dan 2 (dua) Program Doktor.

Dalam perkembangannya, Universitas Trisakti mengalami berbagai macam peristiwa, salah satunya yang sangat monumental adalah peristiwa Tragedi 12 Mei 1998 yang telah mengakibatkan gugurnya 4 (empat) mahasiswa Universitas Trisakti.

Gugurnya ke empat mahasiswa ini telah menjadi pemicu pergerakan mahasiswa Indonesia didalam menumbangkan Orde Baru dan dipandang sebagai awal kebangkitan era Reformasi di Indonesia.

Sejak itu Universitas Trisakti dikenal sebagai Kampus Pahlawan Reformasi.

Setelah 7 (tujuh) tahun peristiwa itu berlalu, akhirnya pada tahun 2005 Pemerintah Republik Indonesia melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahi penghargaan Bintang Jasa Pratama, dengan Kepres RI No 057/TK/2005 tertanggal 9 Agustus 2005.

Visi, Misi, & Tujuan

Berikut adalah visi dan misi Universitas Trisakti :

Visi

Menjadi Universitas yang andal, berstandar Internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni dan Budaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

Misi

Meningkatkan peran serta Universitas Trisakti dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intektual, bestandar internasional, dan berkarakter Trikrama Trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran.

Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkanilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis nilai-nilai lokal guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

Meningkatkan peran serta Universitas Trisakti dalam mendukung kebutuhan masyarakat dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Meningkatkan komitmen Universitas Trisakti dalam menegakkan good university governance.

Tujuan

Menjadikan Universitas Trisakti yang berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai perkembangan zaman dengan berpedoman pada Nilai Luhur Universitas Trisakti (Takwa, Tekun, Trampil; Asah, Asih, Asuh; Satria, Setia, Sportif).

Menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur, berpengetahuan luas, cerdas, sehat, mandiri, inovatif, mampu berkomunikasi, bekerjasama dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) serta menghormati kemajemukan bangsa yang memiliki semangat Kampus Pejuang Reformasi.

Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses pembelajaran yang produktif, efektif dan efisien dalam peran membangun masyarakat adab (civil society).

Mewujudkan budaya meneliti sebagai sumbangan karya nyata yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, negara dan kemanusiaan.

Menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu menguasai, mengambangkan dan menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya berdasarkan nilai-nilai lokal sebagai keunggulan komparatif bangsa.

Mengambangkan kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi lain, dunia industri, pemerintah dan lembaga masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

Meningkatkan komitmen manajemen dalam menegakkan good university governance guna menyejahterakan warga kampus dalam mempertahankan kejayaan Universitas Trisakti. [2]

Pimpinan

Berikut adalah susunan pimpinan rektorat di Universitas Trisakti:

Rektor: Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD

Wakil Rektor I: Prof. Ir. Hj. Asri Nugrahanti, MS, PhD, IPU

Wakil Rektor II: Prof. Dr. Itjang D. Gunawan, Ak, MBA

Wakil Rektor III: Heru Pringgodani Sanusi.,SH.,MH

Wakil Rektor IV: Prof. Ir. Hj. Asri Nugrahanti, MS, PhD, IPU

Asisten I Wakil Rektor I: Sakwad Eddy Kusuma, SH, MM

Asisten II Wakil Rektor I: Dra. Rien H. J. Usman, MM, PhD

Asisten III Wakil Rektor I: Dr. Dhany Rahmawan, SH, MH

Asisten I Wakil Rektor III: Yoska OKtaviano, ST, MT

Asisten II Wakil Rektor III: H. Heru P.Sanusi, SH, MH

Logo

Lambang Universitas Trisakti yaitu berbentuk logo warna hitam tanpa dasar atau latar belakang apapun.

Motif "trisula" yaitu bentuk ujung tombak bercabang tiga bermakna Tridharma Bhakti Universitas Trisakti yaitu Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Pelayanan kepada Masyarakat.

Trisula ini berdiri diatas lima buah kaki yang mirip kelopak bunga yang melambangkan Pancasila lambang negara Indonesia.

Fakultas & Jurusan

Program Studi: Ilmu Hukum, Magister Hukum, Program Doktor

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Hukum

Program Studi: Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, Magister Ekonomi, Magister Manajemen Hospitality, Magister Akuntansi, Program Doktor Ilmu Ekonomi, D3 Akuntansi Perpajakan, D3 Keuangan dan Perbankan Syariah, D3 Manajemen Jasa, D3 Akuntansi Sektor Publik, Profesi PPA

Fakultas Kedokteran

Program Studi: Ilmu Kedokteran

Fakultas Kedokteran Gigi

Program Studi: Sarjana Pendidikan Dokter Gigi, Profesi Dokter Gigim Magister Ilmu Kedokteran Gigi, Spesialis Konservasi Gigi

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Program Studi: Teknik Sipil,. Arsitektur, Magister Teknik Sipil, Magister Arsitektur

Fakultas Teknologi Industri

Program Studi: Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Magister Mesin, Magister Elektro, Magister Industri, Ekstensi Teknik Mesin, Ekstensi Teknik Elektro, Ekstensi Informatika.

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi

Program Studi: Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Magister Teknik Peminyakan

Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan

Program Studi: Arsitektur Lanskap, Teknik LIngkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Program Studi: Desain Interior, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Fotografi, Magister Desain, Diploma Seni Rupa dan Desain

Magister Manajemen

Program Studi: Magister Manajemen

Trisakti E-Learning

Sistem pembelajaran berbasis web yang diselenggarakan oleh Universitas Trisakti.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Dinar Fitra Maghiszha)

Artikel ini telah tayang di Tribunnewswiki.com dengan judul: Profil Kampus - Universitas Trisakti

ARTIKEL POPULER:

Baca: Siap-siap Lihat Aksi Chicco Jerikho sebagai Tokoh Jagoan Godam

Baca: VIDEO Live Streaming Kompas TV Kerusuhan di Manokwari, Kondisi Terkini Aparat Bentrok dengan Massa

Baca: Gedung DPRD Papua Barat Dibakar, Massa: Selamat Tinggal, Sekarang Tinggal Kenangan

TONTON JUGA:

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Panji Anggoro Putro
Sumber: TribunnewsWiki
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved