Travel

Rekomendasi 7 Gunung yang Bisa Didaki untuk Rayakan HUT ke-74 RI

Kamis, 15 Agustus 2019 23:02 WIB
TribunTravel.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Rekomendasi 7 gunung yang bisa traveler daki untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Gunung sudah dikenal menjadi satu tujuan bagi banyak orang untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Namun perlu kamu ketahui, ada beberapa jalur pendakian gunung di Indonesia yang ditutup pada bulan Agustus, seperti TN Gunung Gede Pangrango, Ciremai, Slamet hingga Gunung Sumbing.

Namun, masih ada pilihan gunung lainnya yang bisa kamu daki untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini.

Berikut, rekomendasi daftar gunung yang bisa kamu daki dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

1. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu yang terletak di Boyolali-Magelang-Salatiga ini bisa menjadi pilihan gunung yang bisa didaki untuk merayakan Kemerdekaan RI.

Gunung Merbabu menawarkan keindahan sabananya dengan lanspak pemandangan bunga Edelweiss dan juga Gunung Merapi yang tampak gagah.

Gunung setinggi 3.145 mdpl ini mempunyai tiga puncak yang bisa kamu jejaki yakni Puncak Syarif, Triangulasi, dan Puncak Kenteng Songo.

Bila kamu ingin merayakan HUT ke-74 RI pada 17 Agustus mendapatng, ada empat jalur pendakian yang bisa kamu pilih yakni jalur Selo, Cunthel, Wekas dan Thekelan.

2. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini bisa menjadi pilihan gunung yang bisa kamu daki untuk merayakan Kemerdekaan RI ke-74.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.050 mdpl ini memiliki jalur pendakian yang cenderung mudah sehingga menjadi rekomendasi buat pendaki pemula.

Bila kamu ingin mendaki Gunung Ungaran, ada tiga pilihan jalur pendakian yakni jalur Mawar, Gedong Songo dan juga jalur Gunung Pati.

Bila kamu tidak ingin mendaki, kamu juga bisa merayakan Kemerdekaan RI di Camp Mawar, biasanya di tempat itu setiap 17 Agustus diadakan upacara bendera.

3. Gunung Andong

Rekomendasi ketiga yang bisa kamu daki untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 adalah Gunung Andong yang terletak di Magelang-Salatiga.

Gunung Andong bisa kamu daki karena memiliki trek pendakian yang mudah dan bisa ditempuh dengan jarak yang cukup singkat yakni 2-3 jam saja.

Pemandangan yang ditawarkan dari Gunung Andong juga tak kalah indah karena Gunung Andong dikelilingi banyak gunung besar lainnya seperti Telomoyo, Merbabu dan Merapi.

4. Gunung Prau

Tempat selanjutnya yang bisa kamu daki untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI adalah Gunung Prau yang terletak di dataran tinggi Dieng.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.565 sering menjadi pilihan gunung para pendaki untuk merayakan Kemerdekaan RI karena memiliki puncak yang luas dan juga indah.

Ada tiga pilihan jalur pendakian Gunung Prau yang bisa kamu pilih yakni Jalur Kenjuran, Jalur Patak Banteng, dan Dieng.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan yang terletak di Garut, Jawa Barat ini cocok dijadikan para pendaki pemula untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Gunung Papandayan juga memiliki pemandangan yang cantik dengan hamparan luas daribunga edelweiss yang menawan.

Selain itu, Gunung Papandayan juga cocok untuk para pendaki pemula karena medannya yang mudah dan tidak terlalu curam.

6. Gunung Semeru

Gunung Semeru yang menjadi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa menjadi satu pilihan bagi banyak pendaki dari berbagai tempat untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Gunung Semeru memiliki panorama alam yang sangat indah ditambah beberapa danau cantik Ranu Kumbolo yang bisa kamu saksikan saat pendakian.

Pada tahun ini, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semermu menyedikan kuota sekitar 600 pendaki yang diizinkan merayakan 17-an di Gunung Semeru.

Ada tiga titik yang menjadi spot untuk melakukan upacara pengibaran bendera merah putih, yaitu di Ranu Pani, Ranu Kumbolo, dan Kalimati.

7. Gunung Rinjani

Dan terakhir, gunung yang bisa kamu daki untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-17 Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Jalur pendakian Gunung Rinjani sendiri telah kembali dibuka tanggal 14 Juni 2019 lalu setelah sebelumnya ditutup akibat gempa bumi beruntun dan juga kebakaran yang terjadi di Gunung Rinjani.

Ada empat jalur pendakian Gunung Rinjani yang dibuka untuk umum, seperti jalur Senaru, jalur Sembalun, jalur Aiq Berik, dan jalur Timbanuh.

Diintip dari laman web resminya, pada perayaan Agustus tahun ini, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) membuka jalur pendakian ke Gunung Rinjani dengan kuota tetap.

Meskipun dalam rangka Kemerdekaan RI, pihak BTNGR tidak memberlakukan tambahan kuota pendakian.

Kuota harian pendakian Gunung Rinjani sendiri meliputi jalur pendakian Sembalun dan Senaru sebanyak 150 orang per hari dan jalur Aiq Berik dan Timbanuh 100 rang per hari.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Rekomendasi 7 Gunung yang Bisa Didaki untuk Rayakan HUT ke-74 RI

ARTIKEL POPULER:

Baca: Rekomendasi Hotel Murah di Yogyakarta, Tarif per Malam Mulai Rp 50 Ribuan

Baca: 8 Tempat Wisata di Jakarta Selatan Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

Baca: 5 Hal yang Harus Dihindari saat Traveling ke Myanmar, Termasuk Menggunakan Gambar Buddha

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Rizky Cahya Nugraha
Sumber: TribunTravel.com
Tags
   #Travel   #HUT ke-74 RI   #Pendakian
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved