KSAD Andika Perkasa Publikasi Data Jumlah Taruna Akmil yang Dikeluarkan Sejak Tahun 2014

Rabu, 14 Agustus 2019 15:43 WIB
Tribunnews.com

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bocorkan data jumlah Taruna Calon Perwira yang dikeluarkan saat menjalani masa pendidikan di Akademi Militer sejak tahun 2014.

Hal itu diungkap di kantornya, Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD), Jalan Juanda, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Berdasarkan data sejak 2014 terdapat 15 Taruna Akmil yang sudah dikeluarkan sebelum dilantik menjadi Perwira TNI Angkatan Darat.

"Contoh saya ambil data lima tahun terakhir. 2014 itu ada tiga orang Taruna Akmil yang kita drop alias kita keluarkan sebelum mereka dilantik menjadi perwira TNI AD. Ada yang di tahun kedua ada juga yang di tahun ketiga. Kemudian 2015 ada satu orang yang kami keluarkan. Tahun 2016 itu empat orang 2017 kebetulan tidak ada. Tahun 2018 ada lima orang dan tahun ini 2019 sudah ada dua orang yang kami keluarkan," kata Andika.

Andika menjelaskan, para calon perwira yang dikeluarkan sebelum dilantik tersebut karena beberapa alasan.

"Itu semua dengan berbagai alasan. Ada yang karena kesehatannya. Ada yang tidak bisa mengikuti standard. Ada yang karena jasmaninya dan juga ada yang karena mental dan ideologinya," kata Andika.

Lebih spesifik Andika menjelaskan, mereka yang dikeluarkan sebelum dilantik itu paling banyak karena alasan mental.

"Dari yang sudah dikeluarkan sejak lima tahun terakhir itu lebih banyak mental. Jadi ada yang kesehatan, fisik, tapi mental banyak juga. Bervariasi, ada yang di tahun kedua dilakukan, ada yang di tahun keempat dan bahkan ketika mereka sudah dilantik. Jadi perwira pun tidak berhenti. Penilaian terus dilakukan. Dan sudah banyak contoh mereka yang terpaksa harus dipecat dari dinas aktif pun sudah banyak," kata Andika.

Andika menambahkan, permasalahan mental TNI AD tidak toleransi sedikit pun kepada para calon perwira yang memiliki mental buruk, sebagai contoh yang paling sederhana mengenai contek-mencontek, khususnya dalam tes tertulis.

Bagi calon perwira yang terbukti melakukan contek-menconntek diputuskan untuk dikeluarkan.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Lendy Ramadhan
Videografer: Lendy Ramadhan
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved