WOW TODAY

WOW TODAY: Tips Sukses buat Surat Lamaran Kerja

Kamis, 8 Agustus 2019 15:11 WIB
TribunWow.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Hallo Tribunners ketika melamar kerja di perusahaan impian, bisa jadi Anda tidak lulus seleksi.

Padahal, CV Anda sudah sangat menarik dan pengalaman Anda juga cukup. Sebab, perlu disadari bahwa kemungkinan besar ada banyak kandidat lain yang bersaing dengan anda untuk posisi yang sama.

Nah, dalam kondisi ini, surat lamaran kerja sangat berpengaruh.

Dikutip dari Kompas.com surat lamaran kerja dapat membantu Anda secara efektif untuk memikat pihak perusahaan. Surat lamaran kerja menampilkan kemampuan menulis Anda dan ini bisa menjadi keunggulan Anda dibandingkan kandidat lainnya.

Bingung bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik? Berikut tips suksesnya dari para pakar karier.

1. Tujukan surat lamaran kerja ke orang secara spesifik

Selalu cobalah membuat surat lamaran kerja yang ditujukan pada spesifik orang. Misalnya adalah manajer HRD atau kepala departemen. Sertakan juga nama, jabatan, perusahaan, dan alamat pada bagian atas surat lamaran kerja di bawah tanggal. Jika Anda tidak tahu spesifik orang yang dituju, cara mudahnya adalah dengan mencari di LinkedIn.

2. Jelaskan tujuan surat Anda

Kata-kata pembuka dalam surat lamaran kerja tidak perlu bertele-tele. Faktanya, menurut pakar karier di Harvard, kata-kata pembuka harus jelas, tegas, dan lugas. Jelaskan tujuan Anda menulis surat lamaran kerja, posisi yang Anda lamar, dan jika memungkinkan bagaimana Anda mengetahui informasi mengenai lamaran kerja tersebut.

3. Jangan tulis ulang CV

Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda tidak usah menulis esai 1.000 kata yang merangkum CV Anda. Surat lamaran kerja adalah kesempatan Anda menjelaskan mengapa Anda sangat tertarik pada perusahaan serta visi dan misinya. Tidak perlu terlalu formal dan kaku.

Anda bisa menggunakan bahasa sendiri dan masukkan sejumlah kata-kata yang menarik untuk membuat surat lamaran kerja Anda lebih "menggigit."

Ingat, Anda harus menjelaskannya dengan penuh kepercayaan diri. Ingat pembaca surat Anda juga memandang surat tersebut sebagai contoh kemampuan menulis Anda.

4. Jangan terlalu banyak menggunakan kata "Saya"

Hindari terlalu banyak menggunakan kata "saya." Sebab, ini akan menunjukkan bahwa Anda mencari apa yang bisa Anda dapatkan dari perusahaan. Fokusnya harus pada bagaimana perusahaan bisa memperoleh sesuatu dari Anda.

Ketimbang menggunakan kata-kata yang berbunga-bunga dan sifat-sifat yang klise seperti "mampu berpikir cepat" atau "kreatif," lebih baik gunakan kata-kata yang mencerminkan aksi secara konkrit.

Berikut adalah contoh kata-kata yang bisa digunakan.

  • Untuk menunjukkan kemampuan memimpin: berhasil memimpin, memperoleh kontrak, menugaskan, mengarahkan, memimpin, mendelegasikan.
  • Untuk menunjukkan kemampuan komunikasi: menerjemahkan, mempresentasikan, menegosiasikan, memoderatori, mengedit.
  • Untuk menunjukkan kemampuan riset: memeriksa, mengkritik, menguji, memformulasikan, menciptakan model, menginvestigasi, membuat sistematika
  • Untuk menunjukkan kemampuan kreatif: merevitalisasi, mendesain ulang, mengembangkan, mengintegrasikan, menciptakan konsep, membentuk, merancang.

5. Pilih kalimat penutup yang sesuai

Dalam menutup surat lamaran kerja, Anda harus mencantumkan kembali minat Anda pada posisi tersebut dan ucapkan terima kasih kepada pembaca atas pertimbangannya. Di samping itu, tegaskan bahwa Anda menunggu kabar baik dari mereka dan bubuhkan tanda tangan Anda.

Selamat Mencoba Tribunners(*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: WOW TODAY: 4 Amalan sebelum Salat Iduladha

Baca: WOW TODAY: Viral! Oknum Polisi Sumpal Mulut Wanita Pakai Surat Tilang

Baca: WOW TODAY: 5 Gol Bunuh Diri di Liga 1 2019

TONTON JUGA:

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved