Terkini Daerah

Fahri Hamzah Minta Jawaban PLN terkait Persoalan Listrik Padam Massal

Senin, 5 Agustus 2019 14:15 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta PT PLN untuk berkoordinasi dengan lembaga lembaga kebencanaan seperti BMKG dan BNPB dalam melakukan analisis kerusakan pembangkit.

Apakah matinya listrik karena kerusakan sejumlah pembangkit itu berkaitan dengan bencana alam atau tidak.

"Itu dulu yang harus ditegaskan. Sebab apabila memang itu hubungannya dengan bencana alam ada unsur kata yang memang tidak bisa direncanakan, tidak ada bencana alam yang persis dan benar-benar diketahui kapan akan terjadi," kata Fahri saat dihubungi,"Senin, (5/8/2019).

Bila itu alasannya, menurut Fahri, PLN harus menjelaskan antisipasi kerusakan pembangkit di seluruh wilayah Indonesia akibat bencana.

Sehingga padamnya listrik tidak masif yang merugikan banyak orang.

"Setelah itu bisa dijelaskan barulah mendesain sistem listrik distribusi ke depan yang lebih otonom. Sebab kalau black out terjadi secara masif, karena sistemnya tidak otonom berbahaya sekali. Seharusnya pada titik bencana tertentu dia tidak menyebar sebagai sebab kematian listrik secara menyeluruh," katanya.

PLN juga harus menjelaskan sejujur-jujurnya mengenai pemadman listrik yang telah dilakukan, termasuk menghitung besar kerugian konsumen.

"Termasuk menjawab tentang kerugian yang dihadapi konsumen. PLN juga harus menjelaskan bagaimana antisipasi apabila hal ini masih terjadi. Supaya ada ketenangan bagi masyarakat, konsumen dan pada saat seperti ini diperlukan satu keberanian untuk korektif kalau desain kelistikan kita ada masalah. Ini saatnya untuk kita memperbaikinya," pungkasnya.

Sebelumnya, pemadaman listrik terjadi di wilayah DKI Jakarta serta sebagian wilayah Jawa Barat karena adanya gangguan sejumlah pembangkit sejak Minggu, (4/8/2019) pukul 11.50 Wib siang .

Malam hari listrik di sebagaian wilayah Jakarta kembali menyala. Hanya saja pada Senin pagi listrik di Wilayah Jakarta kembali padam.

PLN menyampaikan permintaan maaf akibat pemadaman listrik yang terjadi tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Listrik Padam Massal, Fahri Hamzah Minta PLN Jawab Kerugian Konsumen

ARTIKEL POPULER:

BREAKING NEWS - Mati Listrik di Setengah Pulau Jawa, Presiden Jokowi Datangi Kantor Pusat PLN

PLN Ungkap Penyebab MRT Ikut Mati, Kini Kembali Beroperasi setelah Listrik Padam

VIDEO Detik-Detik Kemarahan Presiden Jokowi Usai Dengar Keterangan Direksi PLN

TONTON JUGA:

Editor: Aprilia Saraswati
Video Production: Bintang Nur Rahman
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved