Minta Kepastian Keberangkatan, Puluhan Calon Jamaah Haji Plus Sambangi Kantor Travellindo

Sabtu, 3 Agustus 2019 18:58 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM - Puluhan jamaah haji plus yang rencananya berangkat haji pada Minggu (4/8/2019) ini mendatangi kantor penyedia travel di Jalan Pangeran Hidayatullah, sejak Rabu (31/7/2019) sore hingga Kamis (1/8/2019) pagi.

Mereka mempertanyakan kepastian apakah mereka bisa berangkat haji sesuai yang dijanjikan pihak travel atau tidak. Pasalnya hingga kini visa mereka belum keluar padahal waktu keberangkatan sudah sangat dekat..

Satu calon jamaah haji perempuan ditemui di kantor Travellindo, Kamis (1/8/2019) pagi mengatakan sampai saat ini visa haji mereka tak keluar.
Menurutnya ia menyetor awal pada 2014 lalu senilai 5 ribu dollar. Kemudian ia dinyatakan dapat kuota haji pada April 2019,

Kemudian ia bersama suami melunasi sisa secara bertahap sebesar sekitar 11,400 dollar. Namun pada Rabu (31/7/2019) mereka diundang oleh travel dan dijelaskan ternyata mereka mereka tak dapat visa.

"Ya, kita kecewa, inginnya ya kita berangkat," ucapnya seraya mengatakan visa tak keluar otomatis mereka tak bisa berangkat..

Direktur Utama Travellindo, Agus sendiri yang ditemui mengaku bahwa Visa jamaah haji tak terbit hingga kini. Pasal tak terbitnya visa ini karena ada yang tak dipenuhi pihak travel seperti berupa pembayaran hotel, catering dan lain-lain sehingga visa tak keluar. Ditanya bagaimana nasib jamaah haji plus tersebut apakah bisa berangkat atau tidak, Agus tampak terdiam dan tak bisa memastikan.

Sementara adanya masalah ini membuat Kementerian Agama Republik Indonesia mendatangi kantor Travellindo pada Kamis (1/8/2019) pagi. Bahwa mereka sempat berdiskusi dengan pihak perwakilan jamaah haji plus dan juga terlihat ada dari pihak Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) dalam hal ini Kasubdit Industri Perdagangan (Indag) AKBP Suyitno.

Selain itu beberapa penyidik Indag pun juga terlihat di kantor biro perjalanan haji Travelindo dan bahkan mereka juga telah memintai keterangan Agus sang Direktur.(banjarmasinpost.co.id/Kaspul Anwar/Irfani Rahman)

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Banjarmasin Post
Tags
   #Jamaah Haji   #visa   #Haji Plus
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved