Metropolitan

Museum Nasional Jadi Spot Instagramable Favorit Bagi Pelajar

Jumat, 2 Agustus 2019 07:14 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUN-VIDEO.COM, GAMBIR - Museum Nasional atau biasa disebut dengan Museum Gajah merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang menjadi favorit pelajar di kawasan Jakarta Pusat.

Terletak di Jalan Medan Merdeka Barat berdekatan dengan kawasan Monas, museum ini tak hanya menyimpan banyak benda-benda bersejarah.

Melainkan juga merupakan salah satu tempat yang cukup intagramable. Pada halaman depannya, Anda akan langsung disambut dengan karya indah dari pematung bernama Nyoman Nuarta yang dibuat pada tahun 2012 berjudul "Ku Yakin Sampai di sana".

Patung besar berbentuk pusaran ini, merupakan karya yang bercerita soal arus perjuangan yang dahsyat melalui semangat dan kerja keras hingga mencapai pada tujuan akhir yang lebih baik.

Menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Museum Nasional, tak sedikit muda-mudi ataupun wisatawan mancanegara yang datang dan berfoto di spot tersebut.

"Tempatnya bagus. Kalau jalan-jalan ke museum, itu biasanya tempatnya serem aja kesannya. Tapi kalau di sini, tempatnya bagus. Jadi gak sekedar tau sejarah, foto-foto juga bagus," kata Chiki, salah satu pelajar yang datang ke Museum Gajah, Minggu (14/7/2019).

Pada sisi bagian dalam, koleksi benda-benda bersejarah terbagi dalam dua sisi, yakni pada sisi Galeri Selasar Selatan dan Galeri Selasar Utara.

Galeri Selasar Selatan, menyimban beberapa koleksi sejarah berupa arca dan bagian bangunan dari masa klasik Indonesia pengaruh Hindu-Buddha pada abad ke 8 hingga abad ke 10 masehi.

Sementara untuk Galeri Selasar Utara, menampilkan arca-arca dan bagian bangunan dari masa klasik Indonesia abad ke 13 hingga abad 15 masehi. Arca pada abad ke 13 tersebut, berasal dari perkembangan kerjaan Singhasari yang dibuat dalam wujud dewata dan juga hewan yang berasosiasi dengan dunia dewa-dewa.

Namun tak hanya itu. Pesona yang ditampilkan oleh Museum Nasional, juga terlihat dari sisi halaman hijau yang terletak di tengah-tengah antara sisi Galeri Selasar Selatan dan Galeri Selasar Utara itu.

Ada sebuah halaman terbuka dengan rumputan hijau dan bunga-bunga kecil serta beberapa patung peninggalan sejarah di atasnya.

Spot ini, juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengunjung untuk mengambil foto.(*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Top Selfie Hutan Pinus Kragilan, Tempat Anak-anak Hits Berburu Foto Instagramable

Baca: Grafiti di RPTRA Gondangdia Jadi Spot Foto yang Instagramable

Baca: Mengintip Grafiti Keren di Tembok Institut Francais Indonesia, Background Foto Instagramable

TONTON JUGA:

Editor: Alfin Wahyu Yulianto
Video Production: Bayu Romadi
Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved