Terkini Nasional

Ombilin Sawahlunto Masuk Warisan Dunia UNESCO, Gubernur Sumbar Bangga

Selasa, 30 Juli 2019 00:08 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Indonesia memiliki warisan budaya dunia baru, setelah Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh United Nation Education Scientific and Cultural Organizatioan (UNESCO).

Hal tersebut dinyatakan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno pascarapat koordinasi di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).

Irwan Prayitno menjelaskan, sebetulnya sebelum ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat telah memeilihara warisan sejarah tersebut sebagai museum untuk penelitian dan kebutuhan pariwisata.

"Sebetulnya tujuh kota yang dilewati jalur kereta api batubara itu, namun yang pailng banyak itu di Sawahlunto, yaitu sebagai markasnya tambang batubara. Setidaknya ada tujuh musium dan ada stasiun kereta apinya," kata Irwan Prayitno.

Penetapan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto sebagai warisan budaya dunia tersebut diumumkan pada sidang World Heritage Committee (WHC) ke-43 di Kota Baku, Azerbaijan, Sabtu (6/7/2019) lalu.

UNESCO menilai konsep yang terdapat dalam sistem penambangan batubara tersebut, secara keseluruhan memenuhi keunikan kebudayaan yang khas dalam menata infrastruktur pada masa itu

Konsep tiga serangkai yang dicetuskan pemerintah Kolonial Belanda saat itu meliputi: Kota Tambang di Sawahlunto, infrastruktur kereta api, dan pelabuhan di Teluk Bayur.

Konsep tersebut dinilai berhasil mengubah secara drastis peradaban kota tersebut.(*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Taman Nasional Bunaken, Taman Nasional Warisan Dunia UNESCO di Manado Sulawesi Utara

Baca: Machu Picchu, Reruntuhan yang Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO di Peru

Baca: Batu Nisan Aceh Akan Didaftarkan ke UNESCO

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Lendy Ramadhan
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved