Penuturan Jemaah Calon Haji Asal Kalteng Penumpang Bus yang Alami Kecelakaan

Sabtu, 27 Juli 2019 11:30 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM - Mahrita kaget bukan kepalang. Dia yang tadinya tidur nyenyak di Bus menuju Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru langsung bangun dan berteriak menyebut asma Allah.

Tangannya pun langsung ditarik oleh suaminya Mahdiono agar tidak terlempar jauh.

"Ya kami langsung bangun pas bus terbalik. Untungnya tangan saya dipegang suami. Jadi tak goyang, kami kaget Ya Allah gitu saya reflek. Tempat duduk saya dan suami saya pas di belakang supir. Alhamdulillah saja dah selamat," kata Mahrita salah satu Jemaah Calon Haji (JCH) Asal Palangkaraya Kalteng menceritakan kejadian bus yang ditumpangi usai terbalik

Bus itu adalah bus yang disewa petugas haji untuk mengangkut JCH Asal Palangkaraya keloter 11 menuju embarkasi Banjarmasin.

Ada 14 bus dan satu mobil panitia dalam rombongan itu. Dan bus yang terbalik ini adalah bus paling buncit diposisi nomor 14. Di dalam bus itu adalah rombongan JCH kelompok 7 yang isinya 22 orang termasuk mekanik dari Damri.

Ditengah perjalanan, sekitar pukul 00.00 Wita atau dini hari, bus Damri nomor 14 itu terbalik.

Beruntung bus tidak dalam melaju cepat. Sehingga JCH di dalam bus masih terselamatkan semua. Hanya saja ada beberapa yang lecet karena kena pecahan kaca.

"Jadi bus itu ban nya keluar jalur aspal. Pas yang sisi ini tanahnya gember sehingga ban masuk dan bus tergolong miring. Untungnya mengerem duluan sehingga tak parah," kata Mahrita.

Hampir sama dengan Nurhayati, dia juga kebangun dan mendadak kaget. "Ya kaget lah. Pas enak enaknya tidur mas," kata dia.

Senada dengan apa yang disampaikan Ahmad Tarmiji, Warga Kota Palangka dimana dia menceritakan bahwa dugaannya supir bus itu ngantuk karena ban bus sampai keluar jalur.

"Kita kira ngantuk supirnya. Saya pas duduk ditengah. Bus itu tak cepat untungnya. Jadi keluar aspal dan tanahnya gembur sehingga mobil kebalik sedikit sedikit. Jadi saya sempat berpegangan dan selamat," kata dia.

Karena insiden ini bus 14 tidak digunakan dan diganti dengan bus lain.

Tim Pendamping Kesehatan Daerah di Keloter 11, Harta menjelaskan bahwa memang ada tiga yang sempat kena luka termasuk ditelinga dan ditangan."Yang luka ringan sempat kami bahwa di RS Pulang Pisau, dan kemudian bus baru menjemput kita," kata Harta.

Ketua Keloter 11 JCH Asal Palangkaraya Kalteng, Masran Arsyad, juga membenarkan bahwa ada insiden bus terbalik tersebut. "Bersyukur selamat semua, ada tiga luka ringan dan sudah diatasi sehingga semua bisa di Embarkasi Banjarmasin," kata Masrani Arsyad yang juga Kepala Kemenag Kota Waringin Barat itu.

Dikatakan dia, total semua JCH di Keloter 11 ada sebanyak 325 termasuk tujuh orang dari petugas.

"Kita berharap semua proses lancar dan berjalan dengan baik tanpa kendala dan pulang membawa hari Mambrur," kata dia.(banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda)

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Banjarmasin Post
Tags
   #Bus Damri   #Jemaah Calon Haji
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved