Terkini Daerah

Pembangunan Fisik Landasan Pacu Ketiga Bandara Soetta Sudah 100 Persen

Minggu, 21 Juli 2019 16:39 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUN-VIDEO.COM - Pembangunan fisik landasan pacu atau runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta kini sudah rampung 100 persen.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau langsung uji coba kelayakan pendaratan pesawat pada Minggu (21/7/2019).

Meski fisiknya sudah siap digunakan, namun Budi mengatakan masih ada beberapa hal yang masih perlu diperlukan sebelum bisa dioperasikan secara aktif.

Persiapan tersebut di antaranya terkait dengan Standard Operasional Procedure dan sosialisasi kepada maskapai terkait pengoperasiannya.

Untuk itu Budi berharap paling lambat pertengahan Agustus 2019 mendatang landasan pacu tersebut mulai bisa digunakan.

"Kita akan usulkan paling lambat pertengahan Agustus bisa beroperasi. Sebenarnya sekarang bisa. Tapi saya pikir lebih baik kita sempurna. Mengkordinasikan dengan AirNav dan sebagainya beberapa hal yang minor. Kalau fisik sebenarnya sudah siap. Bisa dibuktikan. Kalau emergency, pesawat landing udah bisa. Semuanya sudah siap. Tapi kordinasi, SOP harus kita sempurnakan," kata Budi di kawasan Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (21/7/2019).

Budi mengatakan, jika nantinya landasan pacu tersebut telah beroperasi maka pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta yang tadinya 81 pergerakan pesawat per jam akan berrambah menjadi 114 pergerakan pesawat per jam.

"Nanti jadi 114 pergerakan pesawat. Kita harapkan bulan November. Jadi kapasitasnya naik. Kalau kapasitasnya naik, paling tidak level of service yang ada ini sudah tidak ada antri, jadi yang nunggu di atas juga lebih sedikit," kata Budi.

Budi mengatakan, jika nantinya landasan pacu ketiga sudah beroperasi maka kapasitas bandara akan bertambah 40 persen.

"Jadi kapasitas Soekarno Hatta naik menjadi 40 persen. Kalau 40 persen itu bisa diilustrasikan kira-kira menjadi 100 juta penumpang. Satu bandara yang cukup padat dengan, mungkin sekarang ini cuma ada beberapa, di Beijing sama di Atalanta yang mendekati 100 juta," kata Budi.

Pada kesempatan tersebut Budi juga sempat berbincang dengan pilot pesawat kalibrasi, Kapten Iwan, yang baru saja mendarat di landasan pacu tersebut.

Budi mengatakan, Kapten Iwan, menyatakan jika landasan pacu tersebut sudah terlihat jelas.

"Tadi kapten Iwan menyatakan clear, tidak ada masalah, jadi secara teknis ini sudah bisa dipertanggung jawabkan," kata Budi.(*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Pesawat Keluar Landasan, Bandara Husein Sastranegara Ditutup Sementara

Baca: 6 Bandara Ini Punya Fasilitas Kolam Renang yang Epic, Menghadap Langsung ke Landasan Pacu

Baca: Viral Video Perempuan Masuk ke Landasan, Ini Penjelasan Pihak Bandara

TONTON JUGA:

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Gita Irawan
Video Production: Teta Dian Wijayanto
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved