Terkini Daerah

Modus Seleksi Masuk Polri Buat Pria Tipu Korban dengan Setor Rp750 Ribu

Senin, 15 Juli 2019 21:38 WIB
Pos Kupang

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

TRIBUN-VIDEO.COM - Frengky Faot, warga O'of berhasil meraub uang senilai Rp750 ribu dari korbannya, Usboko warga Noenmat. Modusnya, korban dijanjikan lolos seleksi masuk Anggota Polri tanpa tes.

Frengky menjanjikan korban untuk langsung mengikuti pendidikan tanpa harus mengikuti tahapan seleksi.

Aksi bulus pelaku akhirnya dibongkar purnawirawan Polri, Sipri Piung.

Terbongkarnya kasus ini bermula ketika korban yang masih bertetangga dengan Sipri Piung, menceritakan janji manis pelaku yang mampu meloloskan korban untuk menjadi anggota polisi dengan menyetor uang Rp750 ribu.

Mendapatkan cerita tersebut, Sipri langsung mengingatkan korban bahwa pelaku sudah menipu korban.

Bekerja sama dengan korban, Minggu (14/7/2019) sore Sipri Piung berhasil menangkap pelaku yang kemudian dibawa ke Mapolres TTS.

"Korban ini sudah memberikan uang kepada pelaku, namun karena curiga, korban coba bercerita kepada tetangganya yang merupakan purnawirawan Polri, Sipri Piung. Mendengar pengakuan korban, Pak Sipri langsung berinisiatif menangkap pelaku. Setelah ditangkap, pelaku dibawa ke Mapolres TTS," ungkap Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Jamari, SH., MH.

Sesampainya di Polres, di hadapan korban dan anggota yang bertugas di SPKT, pelaku mengakui seluruh perbuatannya dan bersedia mengembalikan uang korban yang sudah diambil.

Pelaku dan korban akhirnya sepakat berdamai, pelaku berjanji tidak akan lagi mengulangi perbuatannya.

"Kasusnya tidak diproses karena korban dan pelaku memilih jalur damai. Pelaku bersedia mengembalikan uang korban," ujarnya.

Jamari mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai oknum-oknum yang mengaku bisa membantu meloloskan peserta seleksi anggota polisi.

Saat ini, tahapan seleksi masuk anggota polisi sudah berakhir dan peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan melakukan pendidikan.

"Kita berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan janji-janji oknum yang mengaku bisa meloloskan seseorang dalam seleksi masuk anggota Polri. Saya pastikan itu hanya merupakan modus penipuan. Oleh sebab itu jika ada oknum-oknum yang menjanjikan hal tersebut, segera laporkan kepada pihak kepolisian," imbau Jamari.(*)

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul BREAKING NEWS: Janjikan Korbannya Bisa Lolos Seleksi Masuk Polri, Frengky Raub 750 Ribu

ARTIKEL POPULER

Baca: Tertipu VCS Waria Mengaku Wanita, Lapor Polisi setelah Terlanjur Kirim Rp500 Ribu

Baca: Beli Mobil Bekas secara Online, Seorang Pria Kena Tipu Puluhan Juta

Baca: Wanita Merasa Ketipu Beli 3 Durian Total Rp3,4 Juta, Pedagang Ungkap Fakta Lain

TONTON JUGA:


Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Teta Dian Wijayanto
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved