Tribunnews WIKI

Profil Robert Downey Jr. - Aktor Film Layar Lebar

Sabtu, 13 Juli 2019 19:36 WIB
TribunnewsWiki

TRIBUN-VIDEO.COM - Robert Downey Jr adalah seorang anak dari pasangan sutradara Robert Downey Sr dan aktris Elsie Downey yang lahir di Manhattan pada 4 April 1965.

Robert Downey Jr dan saudara perempuannya, Allyson Downey telah diperkenalkan dengan dunia seni peran sejak usia mereka masih kecil.

Dari kecil Robert Downey Jr sudah mendalami film dengan bersekolah di Stagedoor Manor Performing Arts Training Center di New York.

Orang tua Robert Downey Jr resmi bercerai pada 1978.

Setelah itu Robert Downey Jr pindah ke California dengan ayahnya.

Pada 1982, Robert Downey Jr memutuskan untuk keluar dari sekolah umumnya dan berfokus pada karier akting.

Robert Downey Jr sudah familiar dengan obat-obatan terlarang saat berusia delapan tahun karena ayahnya adalah seorang pecandu narkoba.

Kehidupan Pribadi

Robert Downey Jr pernah menikah dengan Deboran Falconer pada 29 Mei 1992.

Dari pernikahan Robert Downey Jr dengan Deboran Falconer, mereka dikaruniai seorang anak lelaki bernama Indio Falconer Downey yang lahir pada 1993.

Pada Juni 1996, Robert Downey Jr pernah tertangkap polisi saat dirinya menyetir mobil Porche-nya dalam keadaan telanjang di Sunset Boulevard.

Polisi menemukan kokain dan heroin bersamanya.

Kurang dari sebulan kemudian, beberapa jam sebelum Robert Downey Jr menghadiri tuntutannya di pengadilan, Robert Downey Jr kembali ditemukan pingsan karena narkoba di rumah tetangganya.

Robert Downey Jr harus menjalani masa kurungan penjara selama 12 bulan dan beberapa kali kunjungan rehabilitasi narkoba.

Pada tahun 2000, Robert Downey Jr kembali ditemukan bersama kokain di sebuah kamar di hotel Palm Spring.

Kemudian Robert Downey Jr didakwa atas kepemilikan obat terlarang.

Robert Downey Jr kembali ditangkap karena diduga di bawah pengaruh obat terlarang pada 24 April 2001.

Melihat kehidupan pribadi Robert Downey Jr yang kacau, akhirnya Deborah Falconer melayangkan tuntutan cerai pada Robert Downey Jr.

Keduanya resmi berpisah pada 26 April 2004.

Kemudian Robert Downey Jr kembali menikah dengan Susan Downey.

Robert Downey Jr menikahi Susan pada 27 Agustus 2005.

Dari pernikahannya tersebut, Robert Downey Jr dikaruniai dua orang anak.

Riwayat Karier

Robert Downey Jr memulai debut pertamanya sebagai aktor saat berusia lima tahun dengan membintangi film 'Pound' (1970) yang disutradarai oleh ayahnya sendiri.

Selama 1980an hingga 1990an, Robert Downey Jr sudah aktif terlibat dalam pembuatan beberapa film seperti 'Tuff Tuff' (1985), 'Weird Science' (1985), 'True Believer' (1989), dan 'Wonder Boys' (2000).

Pada 1992, Robert Downey Jr menerima penghargaan BAFTA Award untuk kategori Best Actor atas perannya dalam 'Chaplin' (1992).

Dalam film 'Oliver Stone's Natural Born Killers' yang rilis pada 1994, Robert Downey Jr berperan sebagai jurnalis sebuah tabloid yang mengekploitasi pembunuhan pasangan pembunuh untuk meningkatkan rating tabloidnya.

Robert Downey Jr juga pernah berperan sebagai seorang pemuda yang memiliki hubungan spesial dengan empat hantu dalam film 'Heart and Souls' (1993).

Pada 1995, Robert Downey Jr membintangi 'Restoration' bersama Hugh Grant, Meg Ryan, dan Ian McKellen, yang disutradarai oleh Michael Hoffman.

Di tahun yang sama Robert Downey Jr juga membintangi 'Richard III' bersama lawan mainnya di 'Restoration', Ian McKellen.

Robert Downey Jr juga ikut serta membintangi film 'The Gingerbread Man' karya Robert Altman pada 1997.

Pria kelahiran Manhattan ini kembali berperan dalam film garapan ayahnya sendiri yang berjudul 'Hugo Pool' yang rilis pada 1997.

Pada September 1999, Robert Downey Jr muncul dalam film 'Black and White' karya sutradara James Toback.

Dalam film tersebut Robert Downey Jr beradu akting dengan Ben Stiller, Elijah Wood, Gany Hoffmann, Brooke Shields, dan Claudia Schiffer.

Kemudian Robert Downey Jr membintangi film 'In Dreams' bersama Annette Bening dan Aidan Quinn pada Januari 1999 yang disutradarai oleh Neil Jordan.

Pada 2000, Robert Downey Jr bersama Michael Douglas dan Tobey Maguire membintangi film 'Wonder Boys' yang rilis pada 2000.

Film ini disutradarai oleh Curtis Hanson.

Dalam film drama komedi ini Robert Downey Jr berperan sebagai seorang agen sastra biseksual.

Pada 2001, Robert Downey Jr membuat debutnya dalam televisi saat membintangi sebuah serial TV berjudul 'Ally McBeal' (1997).

Robert Downey Jr berperan sebagai seorang pengacara bernama Larry Paul.

Atas peran Robert Downey Jr dalam serial TV ini, dirinya berhasil memenangkan penghargaan Golden Globe Award kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Mini-Series or Motion Picture Made for Television.

Selain itu Robert Downey Jr juga mendapatkan penghargaan Screen Actors Guild Award dalam kategori Outstanding Performance by a Male in a Comedy Series dan masuk nominasi Emmy Award untuk kategori Outstanding Supporting Actor in a Comedy Series.

Namun Robert Downey Jr pernah tertangkap atas kasus narkoba yang kemudian membuat dirinya diputus kontrak dari 'Ally McBeal'.

Pada 2003, setelah dirinya bersih dari narkoba, Robert Downey Jr kembali membangun karier aktingnya.

Robert Downey Jr membuat debut dalam bidang musik dengan merilis album berjudul 'The Futurist' di bawah Sony Classics Label pada 23 November 2004.

Albumnya terdiri dari delapan lagu original yang ditulis oleh Robert Downey Jr sendiri.

Pada 2003, Robert Downey Jr kembali berperan dalam film bergenre drama musikal berjudul 'The Singing Detective' yang merupakan sebuah remake dari BBC dengan judul yang sama.

Selain itu juga membintangi film bergenre thriller berjudul 'Gothika' bersama Halle Berry dan Penelope Cruz.

Robert Downey Jr bersama Keanu Reeves, Winona Ryder, dan Woody Harrelson pernah membintangi film yang diilhami dari kisah nyata mengenai rahasia berharga yang tersimpan dalam sejarah di film 'Richard Linklater's A Scanner Darkly' pada 2006.

Pada 2007, Robert Downey Jr terlibat dalam film 'Zodiac' yang digarap oleh sutradara David Fincher.

Dalam film tersebut Robert Downey Jr berbagi peran dengan Jake Gyllenhaal dan Mark Ruffalo yang mengisahkan pembunuhan berantai terkenal yang pernah menghantui San Francisco selama tahun 1970an.

Nama Robert Downey Jr semakin melejit setelah dirinya membintangi karakter Iron Man dalam film 'Iron Man' yang rilis pada 2008.

Robert Downey Jr mendapatkan banyak pujian atas perannya tersebut dan filmnya berhasil menjadi box office di seluruh dunia.

'Iron Man' merupakan film superhero yang diangkat dari komik Marvel dan disutradarai oleh Jon Favreau.

Dalam film tersebut Robert Downey Jr beradu akting dengan Gwyneth Paltron, Jeff Bridges, dan Terrene Howard.

Pada Agustus 2008, Robert Downey Jr membintangi film komedi berjudul 'Tropic Thunder' dan berhasil menerima penghargaan Academy Award dalam kategori Best Supporting Actor atas perannya sebagai Kirk Lazarus.

Tahun selanjutnya, Robert Downey Jr memerankan seorang detektif cerdas dalam film aksi petualangan berjudul 'Sherlock Holmes' (2009).

Film ini disutradarai oleh Guy Ritchie.

Selain Robert Downey Jr, Jude Law dan Rachel McAdams juga turut serta berperan dalam 'Sherlock Holmes'.

Atas perannya sebagai Sherlock Holmes, Robert Downey Jr mendapatkan penghargaan Golden Globe Award untuk Best Performance by an Actor in A Motion Picture-Comedy or Musical pada Januari 2010.

Di tahun yang sama Robert Downey Jr kembali memerankan karakter Tony Stark/Iron Man dalam 'Iron Man 2' yang juga disutradarai oleh Jon Favreau.

Robert Downey Jr pernah dinobatkan oleh majalah Time dalam 'Time 100', sebuah anugerah tahunan yang diberikan kepada 100 orang yang dianggap paling berpengaruh di dunia.

Peran Robert Downey Jr dalam berbagai film terutama sebagai Sherlock Holmes dan Tony Stark/ Iron Man telah sukses mengantarkannya menjadi salah satu aktor Hollywood yang meraih banyak penghargaan bergengsi.

Robert Downey Jr kembali menjadi Tony Stark dalam film-film Marvel Cinematic Universe seperti 'Iron Man 2' (2010), 'The Avengers' (2012), 'Iron Man 3' (2013), 'Avengers: Age of Ultron' (2015), 'Captain America: Civil War' (2016), 'Spider-Man: Homecoming' (2017), dan masih banyak lagi.

Pendapatan yang dihasilkan Robert Downey Jr atas perannya sebagai Tony Stark dalam 'Spider-Man: Homecoming' mencapai 10 juta dolar.

Sedangkan perannya sebagai Sherlock Holmes dalam 'Sherlock Holmes: A Game of Shadow' yang rilis pada 2011 mencapai 15 juta dolar.

Pada 2017, penghasilan Robert Downey Jr diestimasikan mencapai 260 juta dolar dan dinobatkan sebagai salah satu aktor dengan bayaran termahal.

Film

Untitled John Brinkley Biopic (pre-production) sebagai Dr. John Brinkley

2021 Sherlock Holmes 3 (pre-production) sebagai Sherlock Holmes

All-Star Weekend (post-production)

2020 The Voyage of Doctor Dolittle (post-production) sebagai Dr. John Dolittle

2019 Avengers: Endgame sebagai Tony Stark / Iron Man

2018 Avengers: Infinity War sebagai Tony Stark / Iron Man

2017 Spider-Man: Homecoming sebagai Tony Stark / Iron Man

2017 Spider-Man: Homecoming, NBA Finals: Watch the Game (Video short) sebagai Tony Stark

2016 Captain America: Civil War sebagai Tony Stark / Iron Man

2015 Avengers: Age of Ultron sebagai Tony Stark / Iron Man

2014 The Judge sebagai Hank Palmer

2014 Chef sebagai Marvin

2013 Iron Man 3 sebagai Tony Stark

2012 The Avengers sebagai Tony Stark / Iron Man

2011 Sherlock Holmes: A Game of Shadows sebagai Sherlock Holmes

2010 Due Date sebagai Peter Highman

2010 Love & Distrust (Video) sebagai Rob / Segment 5 - Auto Motives (True Love and False Hope)

2010 Iron Man 2 sebagai Tony Stark

2009 Sherlock Holmes sebagai Sherlock Holmes

2009 The Soloist sebagai Steve Lopez

2008 Tropic Thunder: Rain of Madness (Video short) sebagai Kirk Lazarus (uncredited)

2008 Tropic Thunder sebagai Kirk Lazarus - Hot LZ

2008 The Incredible Hulk sebagai Tony Stark (uncredited)

2008 Iron Man (Video Game) sebagai Tony Stark (voice)

2008 Iron Man sebagai Tony Stark / Iron Man

2007 Charlie Bartlett sebagai Nathan Gardner

2007 Lucky You sebagai Telephone Jack

2007 Vanity Fair: Killers Kill, Dead Men Die (Video short) sebagai The Boxer (credit only)

2007 Zodiac sebagai Paul Avery

2006 Fur: An Imaginary Portrait of Diane Arbus sebagai Lionel Sweeney

2006 A Scanner Darkly sebagai James Barris

2006 The Shaggy Dog sebagai Dr. Kozak

2006 A Guide to Recognizing Your Saints sebagai Dito

2005 Family Guy (TV Series) sebagai Patrick Pewterschmidt

2005 Good Night, and Good Luck. sebagai Joe Wershba

2005 Kiss Kiss Bang Bang sebagai Harry Lockhart

2005 Game 6 sebagai Steven Schwimmer

2004 The Route V50 (Short) (uncredited)

2004 Eros sebagai Nick Penrose (segment "Equilibrium")

2003 Gothika sebagai Pete Graham

2003 Whatever We Do (Short) sebagai Bobby

2003 The Singing Detective sebagai Dan Dark

2000-2002 Ally McBeal (TV Series) sebagai Larry Paul

2002 Lethargy (Short) sebagai Animal Therapist

2000 Bob Dylan: Things Have Changed (Video short)

2000 Auto Motives (Short) sebagai Rob

2000 Wonder Boys sebagai Terry Crabtree

1999/I Black & White sebagai Terry Donager

1999 Bowfinger sebagai Jerry Renfro

1999 Friends & Lovers sebagai Hans

1999 In Dreams sebagai Vivian Thompson

1998 U.S. Marshals sebagai Royce

1998 The Gingerbread Man sebagai Clyde Pell

1997 Hugo Pool sebagai Franz

1997 Two Girls and a Guy sebagai Blake

1997 One Night Stand sebagai Charlie

1996 Danger Zone sebagai Jim Scott

1995 Restoration sebagai Merivel

1995 Mr. Willowby's Christmas Tree (TV Short) sebagai Mr. Willowby

1995 Home for the Holidays sebagai Tommy Larson

1995 Richard III sebagai Rivers

1994 Only You sebagai Peter Wright

1994 Natural Born Killers sebagai Wayne Gale

1994 Hail Caesar sebagai Jerry

1993 Short Cuts sebagai Bill Bush

1993 Heart and Souls sebagai Thomas Reilly

1992 Chaplin sebagai Charles Spencer Chaplin

1991 Soapdish sebagai David Barnes

1990 Too Much Sun sebagai Reed Richmond

1990 Air America sebagai Billy

1989 Chances Are sebagai Alex

1989 True Believer sebagai Roger Baron

1989 That's Adequate sebagai Albert Einstein

1988 1969 sebagai Ralph Carr

1988 Rented Lips sebagai Wolf Dangler

1988 Johnny Be Good sebagai Leo Wiggins

1987 Less Than Zero sebagai Julian

1987 The Pick-up Artist sebagai Jack Jericho

1986 America sebagai Paulie Hackley

1986 Back to School sebagai Derek Lutz

1985 Deadwait (Short)

1985 Weird Science sebagai Ian

1985 Girls Just Want to Have Fun sebagai Punk Party Crasher (uncredited)

1985 Tuff Turf sebagai Jimmy Parker

1985-1986 Saturday Night Live (TV Series)

1985 Mussolini: The Untold Story (TV Mini-Series) sebagai Bruno Mussolini

1984 Firstborn sebagai Lee

1983 Baby It's You sebagai Stewart

1980 Up the Academy sebagai Boy on Soccer Team (uncredited)

1972 Greaser's Palace sebagai Small Boy in Covered Wagon (uncredited)

1970 Pound sebagai Puppy

Penghargaan

1993: Nominasi Oscar kategori Best Actor in a Leading Role (Chaplin (1992))

1993: Pemenang BAFTA Film Award kategori Best Actor (Chaplin (1992))

1993: Pemenang ALFS Award kategori Actor of the Year (Chaplin (1992))

1993: Pemenang Venice Film Festival (Short Cuts (1993))

1994: Pemenang Special Award (Short Cuts (1993))

1994: Pemenang Saturn Award kategori Best Actor (Heart and Souls (1993))

2001: Pemenang Golden Globe kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Miniseries or Motion Picture Made for Television (Ally McBeal (1997))

2001: Pemenang Screen Idol Award (Wonder Boys (2000))

2001: Pemenang Screen Actors Guild Award kategori Outstanding Performance by a Male Actor in a Comedy Series (Ally McBeal (1997))

2003: Pemenang Career Achievement Award

2003: Pemenang Sitges - Catalonian International Film Festival kategori Best Actor (The Singing Detective (2003))

2004: Pemenang Hasty Pudding Theatricals kategori Man of the Year

2006: Pemenang Sundance Film Festival (A Guide to Recognizing Your Saints (2006))

2008: Pemenang Golden Schmoes Award kategori Favorite Celebrity of the Year

2008: Pemenang ShoWest Award kategori Male Star of the Year

2009: Nominasi Oscar kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role (Tropic Thunder (2008))

2009: Pemenang Saturn Award kategori Best Actor (Iron Man (2008))

2009: Pemenang COFCA Award kategori Actor of the Year (Iron Man (2008) danTropic Thunder (2008))

2009: Pemenang Golden Schmoes Award kategori Favorite Celebrity of the Year

2009: Pemenang IFTA Award kategori Best International Actor (Iron Man (2008))

2010: Pemenang Golden Globe kategori Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Comedy or Musical (Sherlock Holmes (2009))

2010: Pemenang Scream Award kategori Best Superhero (Iron Man 2 (2010))

2010: Pemenang IFTA Award kategori Best International Actor (Sherlock Holmes (2009))

2011: Pemenang American Cinematheque Award

2012: Pemenang Georges Award kategori Best Foreign Actor of the Year

2013: Pemenang MTV Movie Award kategori Best Fight (The Avengers (2012))

2013: Pemenang People's Choice Award kategori Favorite Movie Actor

2013: Pemenang Teen Choice Award kategori Choice Movie Actor: Action (Iron Man Three (2013))

2013: Pemenang People's Choice Award kategori Favorite Movie Superhero (The Avengers (2012))

2013: Pemenang Georges Award kategori Best Foreign Actor of the Year

2014: Pemenang Saturn Award kategori Best Actor (Iron Man Three (2013))

2014: Pemenang Britannia Award kategori Excellence in Film

2014: Pemenang Blimp Award kategori Favorite Male Butt Kicker (Iron Man Three (2013))

2014: Pemenang People's Choice Award kategori Favorite Action Movie Star

2015: Pemenang MTV Generation Award

2015: Pemenang People's Choice Award kategori Favorite Dramatic Movie Actor

2015: Pemenang People's Choice Award kategori Favorite Movie Actor

2017: Pemenang People's Choice Award kategori Favorite Action Movie Actor

2018: Pemenang Teen Choice Award kategori Choice Movie Actor: Action (Avengers: Infinity War (2018))

2019: Pemenang MTV Movie + TV Award kategori Best Hero (Avengers: Endgame (2019))

(TribunnewsWiki.com/Yonas)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Robert Downey Jr

ARTIKEL POPULER:

Istri Pertama Bahagia Temani Suaminya Menikah Lagi, Senang Melihat Suamiku Punya Istri Kedua

Penasaran dengan Suara Aneh dari AC, Pria Ini Hampir Berteriak Temukan Segerombolan Ular di Dalamnya

Kronologi Pembunuhan Mutilasi Wanita di Banyumas, Lidah Menjulur dan Tergigit

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Panji Anggoro Putro
Sumber: TribunnewsWiki
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved