Pesan Panglima TNI Hadi Tjahjanto kepada Capaja 2019: Kuasai Teknologi

Sabtu, 13 Juli 2019 16:19 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM - Panglima TNI, Mars. TNI. Hadi Tjahjanto sampaikan pesan-pesan penting untuk Calon Perwira Remaja (Capraja) TNI-Polri 2019 di Gedung Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur pada Jumat (12/7/2019).

Pesan pertama dan yang palng penting menurutnya, para taruna dan taruni capraja tersebut harus melek informasi dan menguasai teknologi.

"Pertama harus diingat. Kita harus melek teknologi, keterbukaan wawasan, penguasaan dan penggunaan teknologi adalah kunci di masa depan. Kalau kita tidak paham betul revolusi industri 4.0 maka sia-sia kita menjadi perwira remaja berpangkat Letda atau Ipda. Kita hanya tebengong-bengong. Kita akan ketinggalan oleh negara lain yang paham betul dengan revolusi industri 4.0," kata Hadi.

Pesan kedua yang disampaikan Hadi adalah agara para taruna san taruni calon perwira remaja tersebut mampu beradaptasi memahami ancaman perubahan zaman.

"Kedua kita harus cepat beradaptasi memahami perubahan zaman. Perubahan semakin cepat. Ancaman perubahan juga akan semakin cepat. Tugas baru akan muncul lebih cepat dalam merespon ancaman. Sejalan dengan apa yang sekarang terus dibangun yaitu cyber. Kita terlambat sedikit maka ancaman di depan kita," kata Hadi.

Pesan ketiga adalah agar para taruna dan taruni calon perwira remaja dari TNI dan Polri itu bisa selalu bersinergi.

"Ketiga, kita harus selalu bersinergi sebagai sesama komponen anak bangsa. Saya tidak akan pernah capek dan lelah untuk mengampanyekan sinergi TNI dan Polri seperti apa yang saya lakukan selaku Panglima TNI dengan Pak Tito selaku Kapolri. Terus kita sinergikan," kata Hadi.

Ia menekankan, TNI dan Polri harus selalu bersinergi karena menurutnya berdasarkan sejarah TNI dan Polri dilahirkan dari rahim yang sama yakni ibu pertiwi.

"Kedua karena kita satu keluarga saat itu dalam wadah ABRI yang harus dipisahkan karena harus punya fungsi masing-masing. Namun tetap memiliki satu tujuan dalam rangka menjaga stabilitas politik dan keamanan negara," kata Hadi.

Saat itu, sebanyak 781 calon perwira remaja (Capaja) Akademi TNI-Polri tampak memperhatikan dengan seksama.

Sebagian di antaranya tampak mencatat materi yang disampaikan Hadi pada buku catatan yang mereka bawa masing-masing.

Para capaja tersebut berasal dari Akademi Angkatan Darat sebanyak 259 orang yang terdiri dari 244 putra dan 15 putri.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Lendy Ramadhan
Videografer: Lendy Ramadhan
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved