Pedagang Kecewa dengan Pembagian Lokasi Tempat Penampungan Paskakebakaran Pasar Kemakmuran

Sabtu, 6 Juli 2019 17:59 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM - Bangunan Blok F Pasar Kemakmuran yang terbakar beberapa waktu lalu, namun masih sempat ditempati pedagang, kini sudah dikosongkan untuk dibangun kembali.

Para pedagang kini membangun bangunan kios sementara dengan biaya sendiri di tempat penampungan di sejumlah titik. Di antaranya di area Pasar Limbur, belakang Pasar Limbur, tempat penampungan sementara di blok D samping pasar sayur.

Namun, penempatan di sejumlah titik tersebut diakui pedagang tidak pas. Sebab, penempatan tidak merata dan sebagian mendapatkan tempat yang dianggap tidak strategis seperti di kawasan Pasar Limbur Kotabaru.

Misalnya saja Ratna pedagang kosmetik korban kebakaran di Blok F ini, bersama teman-temannya sangat kecewa dengan penempatan penampungan Blok B yang ditempatkan di samping Pasar Limbur.

Sementara mereka yang jelas menjadi korban kebakaran itu justru mendapatkan tempat penampungan lama di samping pasar sayur.

"Kami dari pedagang blok F sangat kecewa atas penempatan penampungan blok B ke samping Pasar Limbur, karena dulunya kami mengusulkan penampungan blok F pasca kebakaran di samping Pasar Limbur tidak disetujui. Kami anggap pengelola pasar tidak adil dan tidak bijaksana dalam mengambil keputusan, efeknya akan menimbulkan konflik antara pedagang blok f dan blok b," kata Hj Ratna.

Sementara itu, sebagian pedagang Blok B memilih masih bertahan meski sudah diminta untuk pindah. Salah satunya Nur Hamisah. Pedagang baju ini enggan pindah lantaran menganggap lokasi mereka saat ini sudah cocok.

Padahal di lokasi mereka berjualan itu, persis di samping bangunan yang akan dibongkar untuk bangunan yang baru. Dimana saat ini, pihak kontraktor sedang dalam proses pemagaran seng.

"Kita mencari makan juga, jangan dihancur itu harapan kami, kalau kami pindah ke penampungan, tempatnya kecil dan akan susah orang memilih baju-baju, " katanya dengan mata berkaca-kaca.

Dia berharap tidak pindah dan tetap berjualan disana. Meski mepet dengan pagar seng yang sedang dipasang. Dia menginginkan agar Blok B yang ditempati tidak digusur.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kotabaru, Mahyudiansyah, mengatakan saat ini pasar blok F yang terbakar akan dibangun kembali.

Proyek dengan nilai Rp 13 miliar dengan pendampingam TP42 dan Tipikor tersebut segera akan dilaksanakan karena sudah ada pemenangnya dan sudah dilakukan kontrak pada 2 Juli 2019 lalu.

"Jadi sekarang ini sudah kosong dan dipagari pemenang tender. Bangunannya nanti dua tingkat. Sementara mereka yang menjadi korban sudah menempati penampungan disejumlah titik yang ditentukan dan pedagang juga sudah setuju. Semuanya sudah diminta pindah begitu juga yang ada di blok B, itu nanti dikosongkan dan akan digusur juga, " ungkap Mahyudiansyah, Jumat (5/6/19). (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Banjarmasin Post
Tags
   #Pedagang   #Pasar Kemakmuran   #Kotabaru
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved