Ungkap Sabu 1 Kg, Tim Ubur-ubur Polrestabes Makassar Tembak Pedagang Buah Naga

Sabtu, 29 Juni 2019 13:25 WIB
Tribun Timur

TRIBUN-VIDEO.COM - Tim Ubur-ubur unit Satresnarkoba Polrestabes Makassar menembak pedagang buah, Irsal Akbar alias Ichal (24) di wilayah Makassar.

Ichal, pedagang buah naga asal kabupaten Pinrang tersebut ditembak tim Polrestabes Makassar di perbatasan Kabupaten Maros dan Makassar, Kamis (27/6/2019) malam.

"Ya, yang bersangkutan ditembak anggota kami karena dia mencoba melawan," kata Kapolrestabes Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo saat merilis, Jumat (28/6).

Manurut Kombes Wahyu Ariwibowo, Ichal selundupkan narkoba jenis sabu sebanyak 26 paket dan tiap paket itu seberat 1 Kg ke Makassar dengan cara mengelabui polisi.

"Dia (Ichal) mau kelabui polisi pada saat membawa narkoba, dia bawa bersamaan dengan buah naga, tapi sabunya itu ditaruh dibawa jok mobil," lanjut Kombes Wahyu.

Kombes Wahyu mengakui, penyelidikan dan pengungkapan sabu ini sejak tanggal 26 Juni, tepat di Jl Perintis Kemerdekaan, perbatasan antara Makassar dan Maros.

Melanjutkan yang diungkapkan Kombes Wahyu, Kasat Resnarkoba Kompol Diari Astetika menyebutkan, 26 paket narkoba itu dibawa kurir Ichal pakai mobil pick up.

Dimana, mobil pick up hitam itu memuat buah naga yang diketahui dari Kalimantan. Tapi bukti sabu yang didapatkan anggota tidak menyatu dengan tumpukan buah.

"Jadi bukan ada dengan tumpukan buah naga, tapi modus pelaku itu seakan-akan bawa buah naga mau dijual di Makassar, tapi selundupkan sabu," kata Kompol Diari.

Terungkap, sesuai hasil pemyelidikan dan penyidikan tim penyidik. Ichal sudah kerap kali menggunakan modus tersebut untuk masukan sabu dari Malaysia ke Makassar.

Caranya kata Kompol Diary, pelaku Ichal menjembut sabu tersebut ke seseorang di Kalimantan. Untuk meloloskan sabu itu di Pelabuhan Parepare, dia pakai buah naga.

"Yang jepasnya dia mengaku seakan-akan sebagai pedagang buah naga, bawa sabu itu hingga ke Makassar ya pakai caranya seperti pedagang buah naga," jelas Diari.

Tim penyidik Satresnarkoba Polrestabes mencatat, kurang lebih ada 9 Kg narkoba jenis sabu yang telah masuk dengan cara modus yang sama, tapi ini baru diungkap.

"Sudah berkali-kali modus tersebut, tapi ini kan baru diketahui. Iya modus baru dan dia pakai modus itu sebelumnya, dia mengkau dibayar 2,5 juta sekali antar," tambah Diari.

Barang bukti yang diamankan berupa, satu unit mobil Pick Up, dan 26 paket sabu-sabu berukuran sedang diperkirakan beratnya 50 gram, beserta tiga keranjang buah naga.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribun Timur
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved