Warak Ngendhog Jadi Maskot ASEAN School Games 2019, Apa Artinya?

Jumat, 28 Juni 2019 13:27 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRRIBUN-VIDEO.COM - Sebelum menghelat pesta olahraga pelajar Se-Asia Tenggara, ASEAN School Games 2019 di Semarang pada 17-25 Juli 2019, panitia penyelenggara hari ini, Selasa (25/6/2019) terlebih dulu meluncurkan logo dan maskot ASEAN School Games.

Peluncuran logo dan maskot ASEAN School Games yang dilangsungkan di Wisma Kemenpora disaksikan oleh Menpora Imam Nahrawi dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Dalam acara, Taj Yasin Maimoen menjelaskan bahwa maskot bernama Warak Ngendhog tersebut dipilih lantaran merepresentasikan mayarakat Semarang yang hidup dengan keragaman budaya dan agama.

"Di semarang itu ada Warak yang ngendok yang artinya melahirkan. Jadi kita melahirkan kebudayaan, melahirkan kebersamaan. Jadi unity, spirit dan respect," kata Taj Yasin Maimoen.

"Kota Semarang sebuah kota peradaban kota tua dimana ada masjid tua dan gereja belenduk di sekitar situ juga ada kehidupan ramah ada orang Arab dan orang China. Dan munculnya orang China di semarang dengan maskot kita dengan Sam Poo Kong di mana Sam Poo Kong ini orang China tapi beragama Islam,"

"Di sini kita berharap ada keharmonisan kita munculkan keharmonisan di Semarang bisa mewakili bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang menjunung bhineka tapi tidak titik. Kebhinekaan tapi tunggal ika. Artinya keberbedaan ini untuk menjunjung tinggi membangun negara Republik Indonesia. Ini yang ingin kita tunjukkan," paparnya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi yang mengetahui makna dari maskot tersebut mengaku kagum.

Dan ia berharap, tiga pesan dalam maksot Warak Ngendhog bisa diaplikasikan para atlet pelajar Indonesia saat berlaga di ASEAN School Games 2019.

"Saya kira ini pilihan tepat dari pantia penyeleanggara bagaimana maskot itu bukan sekadar maskot tapi ada makna yang agung,"

"Yang pasti semangat unity, spirit dan respect, betul-betul akan ditunjukkan dan akan terus ditunjukkan Indonesia ketika dipercaya jadi tuan rumah multievent seperti yang akan terlaksana tanggal 17 juli nanti," harap Menpora.

ASEAN School Games 2019 yang diikuti 10 negara termasuk Indonesia akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga yakni atletik, bola basket, tenis meja, bola voli indoor, tenis lapangan, sepak takraw, renang, bulu tangkis dan pencak silat.

Di ajang tersebut Indonesia ditargetkan untuk meraih juara umum, lantaran dari 10 kali penyelenggaraan Indonesia belum sekali pun meraih juara umum.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Abdul Majid
Videografer: Abdul Majid
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved