Terkini Nasional

Kemhan dan TNI Raih WTP dari BPK

Senin, 17 Juni 2019 14:06 WIB
Tribunnews.com

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM - Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan Tentaran Nasional Indonesia (TNI) raih nilai Wajar Tanpa Pengecualian dari hasil audit keuangan Bapadan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal tersebut dinyatakan Anggota BPK 1, Agung Firman Sampurna di kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

Menurut BPK, transparansi dan sistem pengelolaan anggaran di Kemhan dan TNI sudah sangat baik, dan memiliki standar yang tidak jauh berbeda dengan lembaga atau kementerian lainnya.

"Ini merupakan bukti kalau dengan upaya sungguh-sungguh dan kerja keras, serta keterbukaan dan komitmen pejabat utama, satu entitas bisa meraih opini yang baik," kata Agung.

Agung menambahkan, capaian tersebut merupakan sesuatu yang sangat monumental bagi TNI, karena selema 20 tahun pasca reformasi, TNI telah memiliki perubahan yang signifikan atas tata kelola keuangan.

Menurutnya TNI telah memiliki tata kelola yang lebih transparan dan cenderung tak jauh berbeda dengan tata kelola lembaga lain yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 143 tahun 2018 tentang pengelolaan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Terkait kasus pengadaan helikopter AW 101, BPK menilai hal tersebut bukan merupakan informasi publik karena terkait dengan pertahanan dan keamanan negara.

BPK mengaku hal tersebut telah ditangani serius dan BPN memiliki standar sendiri dalam menilai hal tersebut yang tidak bisa disampaikan ke publik. (*)

ARTIKEL POPULER:

VIRAL OF THE DAY: Perampok Ambil Tujuh Nampan Perhiasan Terekam CCTV

Video Mesum Pelajar SMK di Bulukumba Viral, Keluarga Pelaku Malu dan Pilih Mengungsi

Kecelakaan Maut Libatkan Empat Kendaraan di Tol Cipali, Arus Lalu Lintas Sempat Tersendat

TONTON JUGA:

Editor: fajri digit sholikhawan
Reporter: Lendy Ramadhan
Video Production: Teta Dian Wijayanto
Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #TNI   #Kemhan   #BPK RI
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved