Terkini Nasional

Menhan Tegaskan Kopassus Aktif Tidak Terlibat dalam Kerusuhan 22 Mei

Rabu, 12 Juni 2019 23:53 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUN-VIDEO.COM - Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menegaskan, TNI tak ada hubungan dan kaitan dengan otak dibalik aksi kerusuhan 21-22 Mei.

Ia bahkan telah memanggil sejumlah TNI aktif untuk dimintai keterangan terkait kerusuhan itu. Termasuk anggota Kopassus.

"Tapi yang namanya Kopassus aktif, tidak ada yang begituan. Saya sudah tanyakan satu persatu, tidak ada mereka itu. Tidak ada ikut-ikutan," ucap Ryamizard kepada wartawan di Kementerian Pertahanan RI, Jl. Medan Merdeka Barat , Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).

Diketahui, Polri telah menyebut mantan perwira tinggi TNI yakni Kivlan Zein dan mantan Danjen Kopassus Soenarko sebagai otak kerusuhan 21-22 Mei.

Terkait keterlibatan sejumlah Purnawirawan seperti Kivlan Zein dan Soenarko, Ryamizard mengatakan kalau mereka tidak memiliki kewenangan lagi di tubuh TNI.

"Kalau misalnya sudah purnawirawan, dia sudah tidak bergabung di apa-apa, segala macamnya begitu, itu urusan mereka," terang mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini.

Lebih lanjut, Kemenhan ditegaskan Ryamizard, juga tidak memiliki wewenang menaungi para purnawirawan alias pensiunan TNI.

"Jadi kalau veteran dibawah kementerian pertahanan, kalau veteran purnawirawan iya dibawah saya, kalau purnawirawan bukan veteran bukan kewenangan kita," ungkapnya.

Diketahui, Polri telah melakukan jumpa pers terkait pengembangan pengungkapan kasus aksi ricuh 21-22 Mei 2019 lalu.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal menyebut pihaknya telah mengumpulkan sejumlah fakta hukum untuk mengetahui peran Mantan perwira tinggi TNI Kivlan Zein dan Mantan Danjen Kopassus Soenarko.

Ia menyebut kalau Kivlan Zein merupakan orang yang mencari dan menyuruh sejumlah orang melakukan pembunuhan terhadap 4 tokoh nasional dan satu orang ketua lembaga survei nasional.

Sedangkan Soenarko, disebut-sebut sebagai orang yang mencari sejumlah pucuk senjata untuk melakukan eksekutor pembunuhan. (*)

ARTIKEL POPULER:

VIRAL OF THE DAY - Satu Keluarga Keracunan Rawon, Satu Orang Tewas

Sempat Ditutup, Penjual Rujak Cingur RP60 Ribu Kembali Buka Lapaknya, Harganya Tetap Sama

Wahana Permainan Komidi Putar di PRJ Roboh, Sejumlah Pengunjung Terluka

TONTON JUGA:

Editor: fajri digit sholikhawan
Reporter: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Video Production: Teta Dian Wijayanto
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved