WOW TODAY

WOW TODAY: Pelaku Bom Bunuh Diri Kerjasama dengan 2 Terduga Teroris?

Rabu, 12 Juni 2019 12:46 WIB
TribunWow.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Dua terduga teroris yang diduga terlibat kasus bom bunuh diri di Kartasura, diamankan Densus 88 Anti teror Mabes Polri di Bandar Lampung, Minggu (9/6/2019).

Seperti diketahui bom bunuh diri sempat diledakkan oleh seorang pria bernama Rofik Asharudin (22) di Pos Pengaman (Pospam) Lebaran 2019 di Kartasura Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019) malam.

Dikutip dari TribunLampung.com, pria yang diamankan tersebut diketahui bernama Ali Amirul Alam (30) di sebuah rumah kontrakan di Jalan Belia Gang Wawai Jaya nomor 40 RT 01 Lk. 2 Kelurahan Jaga Baya 2 Kecamatan Way Halim.

Terkait penangkapan tersebut, Kepala Bidang Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad membenarkan bahwa Ali Amirul diamankan karena dugaan terorisme.

“Ya, itu dari Mabes, kalau mau pastinya silahkan hubungi mabes saja, karena semua satu pintu, agar informasi jelas,” kata AKBP Zahwani, Senin (10/6/2019).

“Jadi silahkan dikonfirmasi langsung ke karo penmas Mabes Polri,” tukasnya.

Tak hanya mengamankan terduga pelaku, satu saksi bernama Saiful Hari Fahlevi warga Jalan MS Batu Bara gang Bogenvil No. 69 Rt.07 Kel. Kupang Teba, Teluk Betung Utama Balam.

Dari penangkapan tersebut, barang bukti dua buah KTP, dua unit Handphone dan juga buku diamankan.

Saat ini, terduga pelaku diketahui sudah dibawa Tim Densus 88 Anti Teror ke Jakarta.

Bersamaan dengan penangkapan terduga teroris di Lampung, satu orang terduga teroris SR juga diamankan di Mojolaban, Sukoharjo, Minggu (9/6/2019).

Dikutip dari TribunSolo.com, terduga pelaku beralamat di RT 7 RW 5 Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Ketua RT setempat, Supardi (54) menjelaskan, penangkapan SR dilakukan di Jalan Tanggul kawasan Desa Laban, Mojolaban sekitar pukul 13.15 WIB.

"Setelah salat dia hendak menuju ke rumah orangtuanya di Mojolaban, Sukoharjo, dia ditangkap petugas di jalan," kata Supardi.

Sementara itu, dikutip dari Kompas.com, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra membenarkan bahwa penangkapan terduga teroris Ali Amirul dan SR terkait bom bunuh diri di Kartasura.

"Densus 88 telah melakukan upaya penegakan hukum terhadap 2 tersangka aksi teror, pengembangan kasus ini adalah bagian dari keberlanjutan penanganan kasus upaya aksi bom bunuh dari pada 3 Juni di Kartasura," ungkap Kombes Pol Asep Adi Saputra, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).

Hasil penyelidikan sebelumnya, terduga pelaku bom bunuh diri diduga melakukan aksi pengeboman sendiri.

Namun berdasarkan hasil penyelidikan, ternyata aksi tersebut atas rencana dengan dua orang yang telah diamankan tersebut.

"Awalnya kita menyimpulkan ini adalah sebuah upaya lone wolf tapi ternyata setelah dilakukan pemeriksaan secara intensif, dapat diungkapkan bahwa kasus ini terjadi karena adanya sebuah kerja sama dari 3 tersangka tersebut," tutur Asep.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Bukan Sendiri, Pelaku Bom Bunuh Diri di Surakarta Diduga Kerjasama dengan 2 Terduga Teroris

ARTIKEL POPULER

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dari HP Melalui Aplikasi BPJSTKU, Bisa Kapan Pun dan di Mana Pun

Cara Cek Nomor Telkomsel di HP

Cara Cek Nomor Indosat di HP

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved