Profil

Profil Jurgen Klopp - Pelatih dan Mantan Pemain Sepak Bola Profesional

Minggu, 9 Juni 2019 09:36 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Jürgen Norbert Klopp atau Jürgen Klopp lahir pada 16 Juni 1967, di Stuttgart, Jerman. Jürgen Klopp dibesarkan di sebuah desa bernama Black Forest, di Glatten.

Ayahnya, Nobert Klopp adalah seorang olahragawan ketika masih muda. Karena itu, Nobert Klopp selalu memberikan pelatihan fisik terhadap anak-anaknya, termasuk Jürgen Klopp.

Pada 1995, Jürgen Klopp berhasil meraih gelar dilpomanya di bidang ilmu olahraga dari Goethe University of Frankfurt.

Jürgen Klopp sendiri biasa bermain ski ketika musim dingin, tenis di musim panas, dan bermain sepak bola sepanjang tahun.

Jürgen Klopp pernah menikah dengan seorang perempuan bernama Sabine, namun keduanya berpisah pada tahun 2001.

Pada 2005, Jürgen Klopp kembali menikah dengan Ulla Sandrock. Jürgen Klopp memiliki seorang anak yang diberi nama Marc Klopp. (1)

Riwayat Karier

Jürgen Klopp mulai terjun ke dunia sepak bola ketika ia masih berusia sangat muda. Di awal kariernya, Jürgen Klopp menjadi pemain amatir di TuS Ergenzingen sebagai pemain junior.

Jürgen Klopp kemudian pindah ke FC Pforzheim dan bermain di sana. Memasuki masa remaja, Jürgen Klopp bermain sebagai pemain amatir bersama tiga klub diantaranya Eintracht Frankfurt II, Viktoria Sindlingen, serta Rot-Weiss Frankfurt.

Karier Jürgen Klopp sebagai pemain sepak bola profesional bermula ketika salah satu klub sepak bola Jerman, Mainz 05 mengontraknya pada 1990.

Ketika awal-awal bermain untuk Mainz 05, Jürgen Klopp bermain sebagai penyerang. Namun ia kemudian beralih menjadi pemain bertahan.

Selama kariernya bersama Mainz 05, Jürgen Klopp berhasil mencetak 52 gol di liga. Jürgen Klopp menjadi pemain profesional bersama Mainz 05 hingga tahun 2001 sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang pelatih.

Sebenarnya Jürgen Klopp sudah mulai menjadi pelatih ketika ia masih bermain sebagai pemain amatir di Eintracht Frankfurt pada 1998. Saat itu, Jürgen Klopp melatih Frankfurt D-Juniors.

Jürgen Klopp resmi gantung sepatu pada Februari 2001 dan langsung diangkat sebagai pelatih oleh Mainz 05, klub yang telah membesarkan namanya.

Selama melatih Mainz 05, Jürgen Klopp berhasil membawa Mainz 05 lolos ke Bundes Liga untuk yang pertama.

Jürgen Klopp juga menjadi pelatih terlama yang pernah melatih Mainz 05, yakni selama tujuh tahun. Sepanjang kariernya sebagai pelatih Mainz 05, Jürgen Klopp berhasil meraih 109 kemenangan, 78 hasil imbang, serta 83 kekalahan sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 2008.

Mengundurkan diri sebagai pelatih Mainz 05, Jürgen Klopp kemudian menandatangani kontrak dengan Borussia Dortmund pada 2008.

Jürgen Klopp memiliki tugas yang sangat berat, karena ketika ia diangkat sebagai pelatih Borussia Dortmund, kondisi tim sedang sangat terpuruk.

Kendati demikian, Jürgen Klopp berhasil mengantarkan Borussia Dortmund sebagai juara DFB-Supercup di tahun pertamanya bersama Dortmund.

Tidak hanya itu, Jürgen Klopp juga berhasil mengantarkan Dortmund menjuarai Bundes Liga musim 2010 – 2011 dan 2011 – 2012. (2)

Tidak hanya itu, selama musim 2011 – 2012, Dortmund juga berhasil mencetak 91 poin dalam laga Bundesliga yang merupakan skor tertinggi dalam sejarah Bundesliga.

Kariernya yang cemerlang bersama Dortmund membuat Jürgen Klopp dinobatkan sebagai German Football Manager of the Year dua tahun berturut-turut pada 2011 dan 2012.

Setelah berhasil meraih sederet gelar bersama Dortmund, pada 2015 Jürgen Klopp mengundurkan diri sebagai pelatih.

Selama mengasuh Dortmund, Jürgen Klopp berhasil meraih 179 kemenangan, 69 imbang, dan 70 kekalahan.

Jürgen Klopp kemudian ditunjuk untuk melatih tim Inggris, Liverpool.

Jürgen Klopp hampir saja membawa Liverpool menjuarai Liga Eropa UEFA setelah berhasil menumbangkan Manchester United, Borussia Dortmund, dan Villareal.

Namun di laga final, Liverpool harus mengakui keunggulan Sevilla dengan skor 1 – 3, dengan begitu Jürgen Klopp gagal mempersembahkan trofi pertamanya untuk Liverpool.

Pada musim 2016-2017, Jürgen Klopp berhasil membawa Liverpool finish di peringkat empat Liga Inggris sehingga mereka lolos ke Liga Champions EUFA 2018.

Lagi-lagi Jürgen Klopp hampir mempersembahkan trofi Liga Champions untuk The Reds. Sayangnya impian itu lagi-lagi kandas ketika timnya dikalahkan oleh Real Madrid di babak final dengan skor 1 – 3. (3)

Musim berikutnya, Jürgen Klopp lagi-lagi hampir mempersembahklan trofi untuk Liverpool. Kali ini giliran trofi Liga Inggris yang nyaris ia persembahkan.

Liverpool hanya bisa finish di urutan kedua, hanya tertinggal satu poin dari Manchester City yang berada di peringkat pertama.

Tidak lama, Liverpool kembali lolos ke babak final Liga Champions musim 2018 – 2019. Kali ini timnya bertemu sesama tim Inggris, Tottenham Hotspurs.

Setelah melewati 90 menit yang mendebarkan, Jürgen Klopp akhirnya berhasil mempersembahkan trofi pertamanya untuk Liverpool setelah empat tahun mengasuh tim tersebut.

(TRIBUNNEWSWIKI/Widi)

ARTIKEL POPULER

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dari HP Melalui Aplikasi BPJSTKU, Bisa Kapan Pun dan di Mana Pun

Cara Cek Nomor Telkomsel di HP

Cara Cek Nomor Indosat di HP

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #Profil   #Jurgen Klopp
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved