Terkini Daerah

Bermodus Salat, Garong Bobol 2 Kotak Amal Musala Nurul Amal Cipinang Besar Utara

Selasa, 4 Juni 2019 12:20 WIB
TribunJakarta

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUN-VIDEO.COM, JATINEGARA - Di saat umat Islam gencar beribadah, seorang pemuda di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara justru mencoreng kesucian Ramadan dengan menggasak uang kotak amal Musala Nurul Amal.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Musholla Nurul Amal, Sukarto (71) mengatakan aksi pencurian kotak amal itu terjadi pada Sabtu (1/6/2019) sekira pukul 13.30 WIB atau masih di waktu Salat Zuhur.

"Pelakunya itu pura-pura salat jadi makmum. Jadi pas kejadian ada satu pengurus Musholla yang juga lagi salat, setelah pengurus pergi baru pelaku beraksi," kata Sukarto di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2019).

Pun beraksi siang, Sukarto menuturkan pengurus Musala Nurul Amal baru mengetahui aksi pencurian pada malam hari saat mengecek kotak amal.

Kaget mendapati uang sekitar Rp 1.2 juta raib dari dua kotak amal di lantai dua Musala, pengurus Musala Nurul Amal pun mengecek rekaman dua CCTV.

"Pelakunya tersorot CCTV, wajahnya juga terekam jelas. Kita tahu kalau pelakunya pura-pura salat juga dari CCTV. Pengurus yang salat bareng dia juga kaget," ujarnya.

Merujuk rekaman CCTV, Sukarto menjelaskan pelaku yang mengenakan kaos warna biru, celana panjang warna hitam, dan tas selempang warna hitam.

Sebelum membongkar dua kotak amal, pelaku sempat melongok beberapa kali layaknya pencuri yang memastikan tak ada yang bakal memergoki aksinya.

"Dia sempat celingak-celinguk ke arah tangga baru bongkar dua kotak amal. Kotak amal itu isinya penuh, dia bersaksi cepat. Enggak sampai dua menit sudah ngambil duit," tuturnya.

Meski wajah garong tersorot CCTV, Sukarto menyebut tak ada pengurus Musala Nurul Amal yang mengenali pelaku yang masih berusia muda itu.

Dari rekaman CCTV, garong tersebut berhasil membobol tiga gembok kotak amal kurun waktu kurang dari dua menit lalu menggasak uang sekira Rp 1.2 juta.

Sukarto menduga garong menggunakan semacam kawat untuk membobol tiga gembok sebagaimana aksi yang kerap ditampilkan di serial MacGyver.

"Sepertinya pakai kawat, jadi gemboknya dia utak-atik gitu. Pelakunya sudah lihai, aksinya cepat. Kalau kita lihat rekaman CCTV itu dia beraksinya sebentar," lanjut Sukarto.

Aksi pencurian pembobolan dua kotak amal di Musala Nurul Amal sendiri kini santer diperbincangkan warga Jalan Bekasi Timur V RT 01/RW 09 Kelurahan Cipinang Besar Utara.(*)

ARTIKEL POPULER

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dari HP Melalui Aplikasi BPJSTKU, Bisa Kapan Pun dan di Mana Pun

Cara Cek Nomor Telkomsel di HP

Cara Cek Nomor Indosat di HP

TONTON JUGA:

Editor: Sigit Ariyanto
Video Production: Ignatius Agustha Kurniawan
Sumber: TribunJakarta
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved