Ribuan Warga Mudik Lewat Pelabuhan Trisakti Bandarmasih

Senin, 3 Juni 2019 12:37 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM - Ribuan penumpang Tidak sabar memasuki kapal warga berdesakan di pintu keluar ruang tunggu Pelabuhan Trisakti Bandarmasih, Banjarmasin.

Walau sudah dilakukan pengaturan oleh petugas dari KSOP, TNI/ Polri dan petugas pihak pelayaran, warga masih saja berdesakan dan cepat-cepatan untuk bisa menaiki kapal.

Apa yang dilakukan para penumpang ini memang beralasan karena sebagian besar mereka datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan yang pulang kampung setelah hampir satu tahun mencari nafkah di Pulau Kalimantan.

Menurut mereka mereka sudah cukup lama dipelabuhan menunggu kapal dan ingin cepat bisa sampai diatas kapal dengan harapan dapat tempat maklum penumpang jumlahnya tidak kurang 1600 orang yang menumpang Kapal Dharma Kartika IX yang sandar di Pelabuhan.

Salah satu penumpang Ridjani, Warga Banjarmasin mengungkapkan untuk tahun ini menggunakan kapal laut untuk pulang ke Pulau Jawa, karena tiketnya cukup terjangkau dengan harga Rp 420 ribu.

"Sebenarnya saya hanya mengantar istri dan anak-anak pulang kampung ke Malang untuk berlebaran, dan lumayan dapat tiket cukup terjangkau, terlebih, kami berangkat ada beberapa orang, dan kalau naik pesawat harga tiketnya mahal, 1 jutaan lebih, tukasnya.

Memang hari ini, Sabtu (1/6) ada beberapa buah kapal yang sandar di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih, Banjarmasin, tetapi satu kapal dari Dharma Lautan Kencana (DLU) yaitu Dharma Kartika IX yang berangkat pukul 16 00 wita banyak dimuati ribuan lebih penumpang yang ukuran kapalnya cukup besar.

Menurut Kepala Cabang Dharma Lautan Kencana, Anton Kurniawan, puncak penumpang memang terlihat sejak tanggal 30 April kemarin dan sampai tanggal 3 Juni besok puncak penumpang yang akan arus mudik akan terus bertambah, dan Dharma Lautan Kencana, juga masih menyiapkan tiket sampai pelayaran tanggal 3 Juni nanti, ungkapnya.(Banjarmasinpost.co.id/aya Sugianto)

Editor: Novri Eka Putra
Sumber: Banjarmasin Post
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved