Kemenhub: Terminal Tirtonadi Punya Fasilitas Layaknya Bandara

Jumat, 31 Mei 2019 11:16 WIB
Tribunnews.com

TRIBUN-VIDEO.COM - Usai meluncurkan program percontohan nasional 'Terminal Sehat', Sekjen Kementerian Perhubungan Djoko Sasono menyebut Terminal Tirtonadi sebagai 'icon baru' kota Solo mengacu pada keunggulan fasilitasnya.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai meninjau fasilitas yang ada di Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2019).

Menurutnya, peningkatan pelayanan yang ada di terminal tersebut tentunya menjadikan Solo berada 'satu langkah di depan' dibandingkan kota lainnya dalam penerapan kebersihan, kesehatan hingga kenyamanan bagi para penumpang.

"Nah dengan dipilihnya Terminal Tirtonadi ini, tentunya menjadi satu privilege bagi kota Solo," ujar Djoko, kepada awak media.

Bahkan melalui peningkatan fasilitas itulah, Terminal Tipe A Tirtonadi dianggap sebagai terminal yang memiliki fasilitas layaknya 'bandara'.

"Bahwa kota Solo telah memiliki satu tempat, fasilitas terminal angkutan penumpang yang berkelas dan terbukti seperti bandara, jadi ini terminal rasa bandara," jelas Djoko.

Melihat bagusnya fasilitas terminal tersebut, Djoko pun berharap pihaknya bisa menerapkan hal yang sama pada terminal lainnya, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Hal tersebut tentu saja untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang yang hendak menggunakan moda transportasi bus.

Karena tidak hanya keamanan dan keselamatan saja yang penting, namun sisi kesehatan juga memiliki nilai yang sama.

"Dengan demikian kami juga nanti akan mengusahakan terminal-terminal lainnya juga akan segera dilengkapi (fasilitas seperti ini)," tegas Djoko.

Dalam meningkatkan pelayanan Terminal Tirtonadi menjadi 'Terminal Sehat', Kementerian Perhubungan turut bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, serta perusahaan plat merah di bawah naungan Kementerian BUMN dan perusahaan swasta.

"Nah kelengkapan ini ternyata bekerjasama atau 'keroyokan' dengan kementerian (dan) lembaga lain," kata Djoko.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari.

Perlu diketahui, terminal itu merupakan terminal yang menjadi percontohan untuk kategori 'Terminal Sehat'.

Djoko Sasono dan Kirana Pritasari pun langsung melakukan peninjauan pada fasilitas yang ditawarkan terminal tersebut.

Fasilitas yang ada di Terminal Tipe A Tirtonadi pun telah memenuhi standar kesehatan Kementerian kesehatan.

Program ini merupakan kerjasama lintas kementerian, yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dengan perusahaan plat merah di bawah naungan Kementerian BUMN serta perusahaan swasta.

Sebagai percontohan 'Terminal Sehat', Tirtonadi memberikan pelayanan Ruang Laktasi yang baik, kantin yang bersih dan tertata rapih, ruang kesehatan yang sesuai standar Kementerian Kesehatan, hingga armada bus yang sudah memenuhi standar uji kelayakan.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Fitri Wulandari
Videografer: Fitri Wulandari
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved