Ngobrol Mewah

Joko Winarno Sebut Sampah Menjadi Kendala Utama Destinasi Wisata Umbul Ponggok

Jumat, 31 Mei 2019 08:34 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Diskusi Ngobrol Mewah (Mepet Sawah) kali ini kembali digelar dengan tema "Menggali Harta Karun Solo dan Sekitarnya" pada Kamis (23/5/2019).

Diskusi Ngobrol Mewah merupakan agenda bulanan yang selalu digelar di kantor Tribunnews yang bertempat di jalan Adi Sumarmo Nomor 335A, Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar.

Pada diskusi kali ini menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Daryono selaku Wakil Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Asita) Jateng.

Selain itu hadir pula Joko Winarno selaku Direktur BumDes Tirta Mandiri Ponggok.

Tak terkecuali dua owner Instagramers lokal kota Solo yaitu, Gerry Prayudi pemilik akun Instagram @surakartakita dan soloraya.

Pada kesempatan kali ini Joko Winarno selalu Direktur BumDes Tirta Mandiri Ponggok memaparkan sejarah terkait tempat wisata umbul Ponggok.

Wisata Umbul Ponggok merupakam wisata air yang berada di Desa Jeblongan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Joko Winarno memaparkan sebelum digali potensi untuk wisata, Umbul Ponggok dahulunya memang hanya dipergunakan warga untuk kepntingan mandi dan mencuci.

"Umbul Ponggok yang tadinya hanya untuk mandi, cuci seperti kehidupan di kampung, karena dulu Umbul Ponggok ramainya hanya untuk padusan (tradisi mandi sebelum puasa)", ujar Winarno.

Namun dengan penggalian potensi dan kreativitas yang digali dan mengikuti kaum millenial yang suka berfoto kemudian dibangunlah wisata Umbul Ponggok.

"Yang tadinya foto di gunung, pantai, laut, kami fotonya di dalam air, tentunya ini suatu inovasi yang ternyata Alhamdulillah mampu diterima di khalayak umum," ujar Winarno.

Selain itu dirinya mengungkapkan Umbul Ponggok mengalami pertumbuhan pengunjung pertahunnya.

Namun, Winarno juga menuturkan terdapat suatu kedala yang timbul dari terkenalnya Umbul Ponggok.

Kendala yang dihadapi dengan datangnya orang untuk berwisata yakni masalah sampah.

"Semakin Umbul Ponggok ramai dan dikenal banyak orang, maka masalah yang pasti muncul adalah tentang sampah mbak," ujar Winarno.

Untuk selalu menjaga kebersihan lokasi, Winarno pun mengedukasi pengunjung maupun warga sekitar untuk selalu jaga kebersihan.

"Oleh sebab itu kami selalu mengedukasi baik pengunjung maupun warga sekitar untuk tetap menjaga kebersihan Umbul Ponggok." (*)

ARTIKEL POPULER:

Baca: Ibu Angkat yang Siram Anaknya dengan Air Panas Ditangkap, Hendak Melarikan Diri ke Jogja

Baca: Jadwal Pertandingan dan Siaran Langsung Liga 1 2019 Pekan ke-3, Bali United Vs Persija, Jumat (31/5)

Baca: Anak yang Disiram Air Mendidih oleh Ibu Angkat Alami Trauma, Korban Ketakutan dan Menangis

TONTON JUGA:

Editor: Fatikha Rizky Asteria N
Reporter: Ramadhan Aji Prakoso
Videografer: Teta Dian Wijayanto
Video Production: fajri digit sholikhawan
Sumber: Tribun Video
Tags
   #NGOBROL MEWAH
KOMENTAR

Video TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved